Kamis, 10 Oktober 2013 | 05:13 wib
Surabaya Tracking
Rawat Batik Anda dengan Spa Batik
Punya koleksi batik tulis, tentu sayang bila tak dirawat. Untuk Anda yang awam dalam perawatan batik, Prima Amri, pengrajin batik yang sekaligus menjadi Ketua Komunitas Batik Jawa Timur (KIBAS) Surabaya, berbagi cara merawat batik dengan Spa Batik. 

Tak berbeda dengan tahapan spa yang dilakukan pada manusia, kain batik pun juga mengawali tahapan spa dengan pencucian kain menggunakan ekstrak buah lerak yang bermanfaat sebagai penghalau serangga perusak serat kain. Setelah dicuci dengan ekstrak lerak, batik dikeringkan lalu diangin-anginkan.

''Kalau sulit mendapatkan ekstrak lerak bisa menggunakan shampoo dan hindari sabun cuci pakaian. Kandungan pembersih dalam shampoo lebih ringan dari sabun cuci pakaian yang akan memudarkan warna,'' saran Prima. Tahap kedua adalah menyiapkan bubuk ratus, tungku arang atau elektrik bisa dipilih, kurungan ayam. ''Bila menggunakan anglo arang, masukkan arang secukupnya, lalu nyalakan jadi bara. Di atas bara taburkan racikan bahan alami seperti kayu cendana, kayu manis, atau akar wangi sehingga mengeluarkan aroma yang harum. Letakkan tungku di dalam kurungan ayam dan kain batik di atas kurungan ayam untuk memudahkan proses meratus atau pengasapan,'' kata Prima.

Metode ratus dipilih karena terbukti efektif melindungi kain dari bakteri, serangga, dan jamur. ''Pengasapan juga memberi efek wangi alami,'' kata Prima. Proses ratus berlangsung selama tiga jam. Selama proses peratusan awasi panas dari baranyaagar tidak membakar kain. Bila racikan wewangian habis, Anda bisa menaburkan kembali di atas tungku. Jika sudah selesai, angkat kain batik Anda dan simpan dengan cara digulung atau dibungkus plastik. Proses ratus bisa diulang tiga bulan kemudian.
Thumbnail Image:
 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
P O D C A S T
  • Ada Sikap Yang Hilang Dalam...
  • Musikku Moodboosterku
  • Terbukti, Air Lemon Aman...
  • Pencegahan Kanker Serviks
  • Cover Song Aku Cinta Dia
  • Cover Song Hotline Bling By...
  • « November 2019 »
    S M T W T F S
              1 2
    3 4 5 6 7 8 9
    10 11 12 13 14 15 16
    17 18 19 20 21 22 23
    24 25 26 27 28 29 30