Senin, 01 September 2014 | 10:33 wib
Informashe Living Plus She Health
Nukman : Think Before Posting


Nukman Luthfie, pengamat media sosial dan konsultan konten online, ikut menanggapi kasus Florence Sihombing, pelajar S2 Hukum Universitas Gadjah Mada yang sekaligus menghina dan dituduh melecehkan warga Jogjakarta atas tulisannya di Path. Dalam wawancaranya bersama SHE, Nukman mengatakan, penahanan Florence yang dilakukan kepolisian Jogjakarta seharusnya tidak perlu terjadi. Terlebih, tulisan yang berpotensi menghina warga Jogjakarta itu sebenarnya diambil dari media sosial Path yang lebih private dan tertutup dibanding Facebook maupun Twitter.

Florence diancam Pasal 311 KUHP Pasal 28 Ayat 2 Tahun 2008 tentang Pencemaran Nama Baik dengan ancaman hukuman penjara 4-6 tahun. Serta, dia dituding melanggar pasal 27 (3) dan 28 (2) tentang penghinaan dan pencemaran nama baik dari Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) dengan ancaman maksimal 6 tahun dan / atau denda Rp 1 miliar. ''Belajar dari kasus Florene, kita hidup di online seperti kita hidup di offline. Kita terikat pada aturan sosial atau etika yang tidak tertulis. Kita tidak boleh berkata kasar, tidak boleh menghina, tidak boleh menyakiti kalau tidak ingin disakiti,'' kata Nukman.

Justru saat terjadi perselisihan di offline, kita bisa menyelesaikan secara bertatap muka. Tapi bila terjadi di online, bisa menuai viral. ''Apa yang Anda posting bisa disebar kemana-mana dan ini cepat sekali. Karena tipe pengguna media sosial di Indonesia cenderung melebih-lebihkan dan provokatif,'' kata Nukman. Untuk itu Nukman mengingatkan sebagai pengguna terapkan prinsip Think Before Posting. ''Di saat kamu marah, kesal, dan berbuat yang tidak-tidak, jauh jauh dari ponsel atau gadget yang terhubung dengan media sosial,'' kata Nukman. Dan terpenting, tidak ikut menyebarkan tulisan atau gambar yang bisa memprovokasi orang lain.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
P O D C A S T
  • Tertawa Mematikan Hati
  • Bagaimana Bila Surabaya...
  • Orang Pintar Belum Tentu...
  • World Radio Day
  • Cover Song Believe
  • Cover Song Hotline Bling By...
  • « December 2018 »
    S M T W T F S
                1
    2 3 4 5 6 7 8
    9 10 11 12 13 14 15
    16 17 18 19 20 21 22
    23 24 25 26 27 28 29
    30 31