Jumat, 11 November 2016 | 05:45 wib
Informashe Living Plus Beauty
Aduh! Gula Rusak Kesehatan Wajah

 

Konsumsi makanan dan minuman tinggi gula memicu keluhan pada kulit wajah. Bila Anda sering dibuat bingung dengan jerawat meradang, coba  cek kembali konsumsi gula Anda. Apakah berlebihan?

Menurut Joanna Vargas, ahli facial dan pemilik Joanna Vargas Salon and Skincare Collection, konsumsi makanan dan minuman tinggi gula mengakibatkan penuaan dini pada jaringan parut di wajah. Ini terjadi karena gula melekat pada protein di aliran darah, yang lalu membentuk molekul-molekul baru yang disebut produk akhir glikasi tingkat lanjut (atau advanced glycation end products, atau AGE).

Senyawa AGE ini merusak kolagen dan elastin, yang menyebabkan kulit jadi berkerut. AGE juga menonatifkan enzim-enzim antioksidan alami, membuat kulit lebih rentan terhadap kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Menurut studi yang diterbitkan di British Journal of Dermatology pada 2007, efek-efek ini meningkat pada usia 35, dan terus berlangsung dengan cepat seiring bertambahnya usia. Untuk melawan efek konsumsi gula ini, Anda butuh produk-produk antiaging yang mengandung retinoid atau retinol.

Selain gula pasir, produk gula buatan juga tidak baik untuk tubuh. ''Semua jenis bahan yang mengotori sistem akan menyebabkan jerawat lebih banyak," kata Vargas. Pemanis buatan seperti aspartam juga akan menstimulasi nafsu makan sehingga menyebabkan Anda ingin makan karbohidrat lebih banyak.
 
Jenis karbohidrat kompleks seperti roti dan pasta juga dapat memicu kenaikan kadar gula pada tubuh. Menurut Dr Frank Lipman, Integrative & Functional Medicine Physician dan pendiri Eleven Eleven Wellness Center, kandungan gula pada buah-buahan dan sayuran tidak menyebabkan lonjakan kadar insulin yang tinggi. Justru buah dan sayur kaya dengan mineral, enzim, dan serat yang meringankan kerja sistem pencernaan.

Yang tidak disarankan oleh Dr Lipman adalah jus buah dan buah yang dikeringkan, karena keduanya menyimpan kandungan gula yang tinggi. Untuk menghasilkan kulit yang berkilau, cobalah mengonsumsi jus sayuran setiap hari. Minum jus sayuran juga menjadi cara termudah dan tercepat untuk mencerna antioksidan yang dibutuhkan kulit.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
P O D C A S T
  • Ciri-ciri Penjahat Sosial
  • Etos Kerja Masalah Masa...
  • Manfaat Hand Sanitizer
  • Peruntungan Di Tahun Kuda...
  • Cover Song Aku Cinta Dia
  • Cover Song Hotline Bling By...
  • « May 2017 »
    S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31