Rabu, 26 September 2018 | 17:13 wib
Informashe Living Plus She Career Home & Living
Aryani Widagdo Olah Limbah Fashion Jadi Yoyo Kain Cantik
 

Memang benar kalau usia hanya soal angka. Buktinya, Aryani Widagdo di usianya ke 69 tak pernah berhenti menghasilkan karya. Setelah sukses mengenalkan karya fashion nol limbah atau zero waste, kini Aryani menunjukkan lagi kepeduliannya pada lingkungan dengan membuat buku Yoyo Kain.

Yoyo kain merupakan ornamen yang dibuat dari kain perca. Fungsinya bisa digunakan sebagai penghias benda-benda seperti selimut, dompet, tas, dan masih banyak lainnya. Yang menarik, yoyo kain ini bisa diperoleh dari pemanfaatan material lama untuk menciptakan suatu yang dekoratif, bahkan bernilai ekonomi.

Menurut Aryani, limbah fashion terus meningkat ke level yang lebih buruk dibanding satu dekade lalu. Mengutip kata Ellen MacArthur, peneliti yang fokus mempelajari polusi industri fashion, limbah bisnis busana sedunia bernilai USD 500 miliar per tahun. 

Bahkan Nate Herman, Wakil Ketua Asosiasi Industri Busana dan Sepatu Amerika Serikat, mengakui tingkat polusi bisnis fashion semakin bertambah dan tak pernah berkurang. ''Daur ulang baju bekas sayangnya bukan solusi jitu. Pakaian manusia di masa sekarang lebih banyak yang berasal dari material sintetis, bukan benang. Artinya, akan lebih murah memproduksi baju baru daripada mendaur ulang benangnya dari baju bekas,'' kata Nate.


Untuk itu dibutuhkan solusi-solusi strategis seperti Yoyo Kain atau Zero Waste untuk memberdayakan sampah fashion yang tak terkendali ini. Melalui buku yang berjudul Aryani Widagdo dan Yoyo Kain, Aryani mengarjarkan pembaca untuk bisa mencoba 20 kreasi yoyo kain yang unik, playful, dan wearable. Dalam peluncuran buku ''Aryani Widagdo dan Yoyo Kain'', SHE Radio dan Aryani mengadakan workshop untuk 25 orang membuat hiasan dompet tikar dari yoyo kain. Tak hanya ibu-ibu, bahkan anak-anak pun tampak semangat dengan acara yang diadakan di Food Society, Pakuwon Mall, Surabaya (26/9). Selamat mencoba! (Naskah dan Foto-foto : Windy Goestiana)

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
P O D C A S T
  • Tren Mode Asyik 2016
  • Terbaik Untuk Mendidik Anak
  • World Radio Day
  • Materialistis Atau...
  • Cover Song Hotline Bling By...
  • Cover Song Aku Cinta Dia
  • « December 2018 »
    S M T W T F S
                1
    2 3 4 5 6 7 8
    9 10 11 12 13 14 15
    16 17 18 19 20 21 22
    23 24 25 26 27 28 29
    30 31