Selasa, 15 Desember 2020 | 10:58 wib
Informashe
Upaya Menutup Ketidaksetaraan Gaji Antar Gender di Dunia Kerja
 

Kami meluncurkan suatu gagasan kampanye sosial mengenai isu kesetaraan gaji antara wanita dan pria dalam sebuah campaign bernama Close The Gap. Isu ini diangkat berdasarkan masalah sosial yang terjadi di seluruh dunia. Tanpa disadari, diskriminasi kesetaraan gaji antar gender di tempat kerja ini seringkali mempengaruhi kehidupan perempuan, bahkan mungkin memaksa sebagian perempuan berhenti bekerja. Di tengah krisis hal ini pun mendorong beberapa perempuan dan keluarganya jatuh ke dalam kemiskinan. Secara global, kesenjangan upah berdasarkan gender ini mencapai 16%. Artinya, rata-rata, perempuan hanya berpenghasilan 84% dari penghasilan laki-laki. Bagi sebagian perempuan, kesenjangannya jauh lebih besar.

Serangkaian foto yang menampilkan potret pria di berbagai kota di dunia dengan menampilan pekerjaan dan gaji tahunan mereka pun diluncurkan di berbagai media cetak dan media luar ruang. Foto-foto tersebut juga dapat diunduh langsung melalui situs web closethegap.id. Masyarakat diajak untuk mendukung proyek sosial ini, dengan mengunduh aplikasi digital Face App, dan mengambil foto atau mengunduhnya ke dalam ponsel mereka. Kemudian foto-foto dapat dibuka di aplikasi Face App dengan meng-edit-nya dengan memilih filter gender wanita.

Hasilnya mengejutkan, setelah filter tersebut diaplikasikan, jumlah gaji yang tertulis pada foto menjadi sangat berkurang. Versi "Before - After" foto-foto tersebut kemudian dibandingkan dan dibagikan secara luas di media sosial untuk menyoroti ketidaksetaraan gaji ini. Pesan tersebut diperluas lebih jauh melalui media sosial dan didukung pula oleh beberapa influencer dan selebriti. 

Kami juga meluncurkan sebuah petisi di website change.org dan telah berhasil mendapatkan hampir satu juta dukungan. Suara sosial ini memperkuat urgensi masalah kesetaraan gaji antara wanita dan pria dan menarik perhatian pendukung lain dari politisi perempuan hingga perguruan tinggi yang menggunakannya sebagai materi perkuliahan. 

Kami berharap dapat menutup kesenjangan upah gender dalam waktu dekat dan berharap agar pengusaha dan pemerintah dapat memperhatikan masalah ini.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
P O D C A S T
  • Tips Vaksinasi Kanker...
  • Men Of The Kitchen
  • Melangsing Dengan Shrinking...
  • Cara Mengatasi Karies Gigi...
  • Cover Song Hotline Bling By...
  • Cover Song Aku Cinta Dia
  • « March 2021 »
    S M T W T F S
      1 2 3 4 5 6
    7 8 9 10 11 12 13
    14 15 16 17 18 19 20
    21 22 23 24 25 26 27
    28 29 30 31