Jumat, 02 Oktober 2020 | 10:43 wib
Informashe Living Plus Kids & Mom
Edukasi Penggunaan Masker Bagi Anak-Anak Autisme Ala Sesame Street
 

Beberapa jurnal internasional menyatakan memakai masker kain dapat menurunkan risiko penularan sebesar 45% dan memakai masker bedah dapat menurunkan risiko penularan sebesar 70%. Hanya saja, penggunaan masker dapat menjadi tantangan tersendiri bagi anak-anak dengan autisme.

Dan karena fakta itu, organisasi nirlaba Sesame Workshop di balik Sesame Street berupaya membantu anak-anak dengan autisme untuk bisa beradaptasi dengan kebiasaan baru melalui sebuah koleksi video. Koleksi baru ini terdiri dari serangkaian video yang dibintangi oleh Julia, salah satu muppet Sesame Street berusia empat tahun yang juga memiliki autisme.

Dalam video-videonya, Julia akan membantu anak-anak dengan autisme untuk memahami beragam konsep baru di masa pandemi yang sulit untuk dipahami. Misalnya, konsep jaga jarak fisik, rutinitas yang berubah, serta penggunaan masker. Dalam sebuah video misalnya, Julia membantu anak-anak dengan autisme untuk memahami pentingnya penggunaan masker. Di video itu, ada adegan dimana Julia sedang melakukan percakapan video dengan ayahnya. Julia bercerita kepada sang ayah bahwa dia sangat senang akan bermain di taman hari itu, akan tetapi Julia juga mengatakan dia khawatir penggunaan masker akan mengganggu telinga dan menggelitik hidungnya. Ayah Julia lalu menyarankan Julia untuk latihan menggunakan masker di rumah bersama boneka kelincinya. 

Menggunakan masker dapat memicu kecemasan bagi anak-anak dengan autisme. Namun latihan menggunakan masker yang ditunjukkan Julia dan boneka kelincinya dinilai dapat membantu anak-anak dengan autisme untuk lebih tenang saat mencoba menggunakan masker mereka sendiri.

Pembicara dan penulis Dr Kerry Magro mengatakan menghilangkan ketidakpastian pada anak dengan autisme merupakan kunci. Video-video edukasi seperti koleksi terbaru Sesame Street ini dapat membantu menghilangkan ketidakpastian tersebut dan memberikan pemahaman yang baik mengenai situasi pandemi. 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.
 
P O D C A S T
  • Do And Don't Ngantor Pakai...
  • Tips Pilih Celana Jeans
  • Amankah Waterbirth
  • Materialistis Atau...
  • Cover Song Believe
  • Cover Song Hotline Bling By...
  • « November 2020 »
    S M T W T F S
    1 2 3 4 5 6 7
    8 9 10 11 12 13 14
    15 16 17 18 19 20 21
    22 23 24 25 26 27 28
    29 30