twitter  
Profil  

Senin, 17 Maret 2014 | 15:24 wib
Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan


Rina Darmawan, Direktur Golden Internusa Wisata Tour and Travel, memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan.

Imigrasi.
Pada saat anda melewati Imigration & Custom Department di suatu negara, pihak imigrasi berhak penuh menentukan seseorang berhak masuk ke negaranya atau tidak, berdasarkan hukum negara setempat yang berlaku dan jika terjadi hal-hal yang mereka anggap harus dipertanyakan/diperiksa lebih lanjut/seksama, maka hal tersebut menjadi konsekuensi/tanggung jawab pribadi masing-masing.

Bagasi & Hand Carry.
Bagasi harus mempunyai kunci, roda, nama dan alamat anda di dalamnya. Untuk penerbangan internasional berat bagasi maksimum 20Kg per orang (kelas ekonomi). Untuk menghindari kelebihan berat bagasi disarankan lebih selektif dengan barang bawaan anda. Barang berharga dan uang tidak boleh disimpan di dalam bagasi, tetapi harus di bawa di hand carry. Berdasarkan peraturan airlines, 1 orang hanya di ijinkan membawa 1 hand carry dengan ukuran 55 x 40 x 20 cm (travel bag Golden Internusa Wisata sudah sesuai dengan ukuran tersebut) dan berat maksimum hand carry 7Kg. Barang-barang runcing seperti pisau, gunting, jarum, gunting kuku, baterai, shaver, sikat gigi elektronik, hair spray dll harus disimpan di dalam bagasi, tidak boleh di atas atau hand carry. Mainan yang menyerupai barang-barang juga dilarang, misalnya mainan pistol-pistolan. Untuk mempercepat proses security check di airport tax, biasakan menympan isi kantong, di dalam hand carry misalnya : uang logam, handphone dll. Sesuai ketentuan baru mengenai barang bawaan maka semua perjalan tidak diperkenankan membawa barang berbentuk cair/gel di dalam hand cary. Barang cair diberi kelonggaran dengan batas 3-Oz (sekitar 90ml) dan harus dimasukkan ke dalam kantong plastik kedap air (ziplock bag) sebagai contoh: minyak wangi, obat tetes mata, lotion, lipstick, pasta gigi, obat kumur, balsam, ppo minyak angin, salep/obat-obatan, obat softlens, semua barang cair/gel lainnya.

Pakaian.    
Dianjurkan untuk membawa pakaian yang nyaman untuk dipakai selama perjalanan, membawa jaket, selendang, paying, topi, sun blok dan pelembab/moisturize. Memakai sepatu yang enak di pakai (sepatu kets/sandal) untuk berjalan kaki dan naik turun tangga, khusus untuk wanita disarankan tidak memakai sepatu ber hak, gunakan sepatu bertumit rendah yang nyaman di pakai untuk berjalan jauh. Perlengkapan kamar mandi seperti sikat gigi, pasta gigi sebaiknya dibawa.

Obat-obatan .
Obat-obatan yang biasa diminum atau dipakai seperti obat pusing, influenza, diare, obat gosok atau yang rutin diminum untuk penyakit yang di derita peserta, misalnya obat diabetes, vitamin untuk diminum apabila diperlukan, body cream/lotion, lip gloss dan hand lotion.

Hotel.
Apabila ada kunci double kamar, jangan lupa untuk selalu menggunakannya pada saat tidur malam hari. Kebanyakan hotel mempunyai fasilitas “Pay Movie” yang tertera di remote control tv anda apabila salah menekan tombol tersebut, maka tagihan akan langsung dikenakan. Pay Movie adalah film-film di layar tv yang harus di bayar, di antaranya ada film-film khusus untuk orang dewasa. Untuk menghindari anak salah tekan, bila memungkinkan tour leader kami akan memblokir dan bila anda memerlukan fasilitas tersebut kembali silahkan hubungi reception hotel. Jangan mengeringkan pakaian di atas kap lampu, karena akan dikenakan biaya yang cukup tinggi apabila kap lampu tersebut bercak atau rusak. Pada saat menyalakan air kran di kamar mandi atau pada saat mandi, mohon diperhatikan agar air tidak keluar dari kamar mandi dan membasahi karpet, karena hotel akan mengenakan biaya yang cukup tinggi apabila hal ini terjadi.
Barang-barang milik hotel seperti handuk, vas bunga, asbak, gelas/cangkir, map, dsb tidak diperkenankan untuk di ambil. Apabila anda ingin memilikinya sebagai souvenir, dapat menghubungi tour leader kami atau reception hotel untuk membelinya. Tempat masak air panas, the, kopi dan gula adalah fasilitas gratis. Untuk minuman lainnya (air aqua, soft drink, alcohol) dan makanan ringan yang ada di kamar akan dikenakan biaya, kecuali ada tulisan 'With Compliment'. Minibar yang menyediakan makanan dan minuman umumnya menggunakan sensormatic, dimana isinya bergerak atau terangkat dari tempatnya akan secara otomatis melaporkan biaya pemakaian dan harus dibayarkan.

Menu makanan.
Sebisa mungkin telah disesuaikan dengan selera orang Indonesia pada umumnya.

Voltase listrik.
Voltase 220 volt dengan saklar bervariasi, namun biasanya di kamar mandi hotel tersedia saklar yang dapat dipergunakan untuk charge baterai handycam, handphone atau digital camera.

Handphone.
Handphone GSM/BB/Android, Satelindo, pascabayar/abodemen yang sudah dibuka fasilitas SLInya bisa digunakan. Masing-masing peserta diharapkan mencari info sendiri sehubungan dengan provider seluler yang digunakan untuk menghindari pembengkakan biaya komunikasi selama disana.

Keamanan.
Selalu menyimpan passport, tiket, uang dan perhiasan di dalam safety box. Jangan meninggalkan tas di dalam bus atau di dalam restoran tanpa ada yang menjaga. Supir, tour leader dan local guide tidak bertanggung jawab atas kehilangan yang terjadi. Dilarang membawa senjata api dan obat-obatan terlarang/narkoba.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.