twitter  
Profil  

Senin, 04 Desember 2017 | 18:40 wib
Majalah Vogue Ikut Tampilkan Erica, Robot Model dari Jepang
Ada yang berbeda dengan fashion spread majalah Vogue Amerika di akhir tahun ini. Redaksi majalah fashion terkenal ini menampilkan Erica, robot humanoid buatan Hiroshi Ishiguro. Secara fisik dan perilaku, Erica mirip manusia. Untuk bertemu dengan Erica, tim Vogue Amerika bahkan terbang ke Osaka, Jepang untuk melakukan pemotretan. Pada saat ''dirias'' oleh Alex Jordan Harrington, Erica pun sempat ''ngobrol'' selama 10 menit. Pemotretan Erica bersama Vogue dilakukan oleh fotografer Mark Peckmezian. 

Teman SHE, semakin banyak industri yang menggunakan robot sebagai pelaksana tugas. Produk kecerdasan buatan ini dianggap dapat mengerjakan pekerjaan berat yang bersifat berulang dengan biaya yang lebih ekonomis, akurat, dan teliti bila dibandingkan manusia.

Kabar baiknya, masih ada kok pekerjaan-pekerjaan yang bisa dilakukan manusia di masa depan. Diantaranya pengasuh anak, bidan, perawat, dokter, psikolog, penata rambut, dan pendidik. Pekerjaan jenis ini dinilai sangat mengandalkan empati sosial, keterampilan interpersonal, dan kreativitas, yang sulit dilakukan oleh Artificial Intelligence.

Robot yang dibuat para inovator saat ini mungkin lebih unggul dalam IQ, tapi tak memiliki EQ seperti kecerdasan emosi dan sosial. Kemampuan inilah yang seharusnya dikuatkan pada anak-anak. Adapun empat keterampilan soft skill yang sulit digantikan robot adalah kreativitas, pemikiran kritis, komunikasi, dan interaksi.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.