twitter  
Profil  

Selasa, 12 Desember 2017 | 14:45 wib
Lebih Siap di 2018 ala Warren Buffet


Sudahkah Anda mengevaluasi progress kehidupan selama setahun terakhir? Bagaimana menurut Anda, apakah memuaskan?

Teman SHE, kali ini kami coba menghadirkan inspirasi dari Warren Buffet, orang yang tahun ini menempati urutan kedua sebagai the richest person versi majalah Forbes. Apa saja yang telah dilakukan Warren?

Pertama, beli rumah yang sederhana dan terjangkau. Warren Buffet tinggal di kawasan Omaha Nebraska sejak tahun 1958. Rumah tersebut memiliki lima kamar sesuai dengan kebutuhannya (pada saat itu). Saat membeli rumah tersebut harganya sekitar USD 31.500. Bila disesuaikan dengan harga saat ini, rumah Warren setara dengan USD 255.000 (sekitar Rp3,4 miliar). Coba bandingkan dengan kekayaannya yang mencapai USD 84,2 miliar (setara Rp1.009,4 triliun). Menurut Warren, membeli rumah yang sesuai dengan kebutuhan dengan harga yang sesuai kemampuan adalah cara yang tepat. Kita dapat memanfaatkan sisa uang untuk kebutuhan pendidikan anak, menabung untuk pensiun, serta berinvestasi.

Kedua, berinvestasi dengan hati-hati. Dalam berinvestasi, Warren memegang dua aturan. Pertama, jangan sampai kehilangan uang. Kedua, jangan lupa dengan aturan pertama. Saat investasi berjalan, Warren menyarankan untuk tidak berutang, kecuali akan mendatangkan keuntungan nantinya. Selain itu, investasi terbaik yang bisa kita lakukan adalah ke diri sendiri. ''Apa pun yang bisa meningkatkan bakat kita, tak seorang pun bisa mengambilnya atau memajakinya. Dan ketika kita bisa memaksimalkan bakat itu, kita akan memiliki aset yang luar biasa.''

Ketiga, hindari mainan mahal dan mewah. Inilah godaan terberat dalam berhemat. Menurut Business Insider, Warren tak memiliki yacht atau barang mewah sejenisnya. Jadi, tak perlulah sedan mewah atau pakaian mahal. ''Jika Anda menghabiskan uang Anda membeli hal-hal yang tidak diperlukan, suatu saat Anda akan menjual hal-hal yang Anda butuhkan,'' kata Warren. Investasikan uang kita di instrumen yang kompetitif, lalu nikmati hari kita sambil melihat uang kita bertumbuh.

Keempat, kejar passion tanpa lelah. Warren sangat mencintai pekerjaannya, yang berarti ia tidak banyak menghabiskan uang untuk liburan atau kesenangan.

Kelima, jangan membayar harga eceran. Warren ternyata memiliki kesabaran untuk menunggu harga diskon. Pola ini juga diterapkan dalam bisnisnya. Membeli bisnis pada saat harga diskon dan menjualnya dengan keuntungan.

Keenam, bersedekah. Warren pernah mendonasikan setengah hartanya untuk kegiatan sosial. Menurut Warren bersedekah dapat memberikan kebahagiaan dan ketenteraman hidup.

Ketujuh, jangan menabung dari sisa pengeluaranmu.Sisihkan terlebih dahulu penghasilan Anda untuk tabungan, dan gunakan sisanya.

Kedelapan, kejujuran adalah hadiah yang mahal. Jangan mengharapkannya dari orang-orang murahan.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.