twitter  
Profil  

Sabtu, 23 Desember 2017 | 07:54 wib
33 Tahun Jadi Honorer Tak Masalah Asal Hidup Jujur


Ibu adalah contoh pertama bagi anak dan anak adalah peniru yang ulung. Segala gerak, sikap, ucapan, dan prinsip ibu akan ditiru anak sebagai role model mereka menjadi manusia seutuhnya. Tak ingin anak-anaknya menjadi pribadi yang mudah putus asa dan senang berbuat curang, Ibu Yulia Sugiarti memilih untuk tetap menjadi guru tidak tetap dengan honor sekitar Rp 100 ribu selama 33 tahun dibanding menyuap untuk jadi PNS.

''Harapan saya sederhana. Dengan keteguhan hati untuk tidak menghalalkan segala cara, saya harap anak-anak saya tidak mudah silau dengan kemewahan sementara,'' kata Ibu Yulia.

Perjuangan Ibu empat anak ini untuk menjadi guru dengan status PNS pun akhirnya membuahkan hasil. ''Setelah melalui proses pengajuan resmi selama bertahun-tahun, pada 2014 akhirnya Surat Keputusan saya turun. Meski saya hanya jadi PNS selama tujuh tahun saja, setelah itu pensiun, tapi saya lebih puas,'' kata Ibu Yulia.

Menurut putrinya, Yuri, yang merekomendasikan Ibu Yulia sebagai Ibuku Hebat, sosok ibunya ini memang tangguh. ''Selain jadi guru, mama tidak pernah lupa perannya sebagai istri dan mama. Mama sampai hari ini masih bangun jam setengah 4 pagi, lalu berdoa, dan menyiapkan makanan untuk kami. Jam 6 pagi mama langsung berangkat mengajar,'' kata Yuri.

Mendapat kejutan dari sang anak karena namanya masuk sebagai pemenang Ibuku Hebat, Ibu Yulia terharu dan bangga. ''Anak saya bilang hari ini saya diajak makan di luar. Ternyata saya diajak ke acara ini,'' kata Ibu Yulia. Hadiah Rp 1 juta akan digunakan Ibu Yulia untuk berlibur ke Semarang akhir Desember ini bersama keluarga.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.