twitter  
Profil  

Senin, 27 Maret 2017 | 12:46 wib
Apakah Anda Tipe Orang Tua Harimau, Ubur-Ubur, atau Lumba-Lumba?


Mengutip Times of India, ada beberapa tipe orang tua bila dilihat dari cara mengasuh anak. Tipe-tipe ini adalah tipe harimau, ubur-ubur, dan lumba-lumba. Apa yang membedakan?

Orang tua tipe harimau ini punya ciri memegang kontrol penuh atas anak-anak mereka. Orang tua harimau merasa memiliki anaknya sepenuhnya. Karena itu, orang tua tipe ini tak pernah canggung untuk ikut campur urusan anak-anak mereka. ''Jika orangtua berada di sekitar anak-anak sepanjang waktu, ada kemungkinan mereka akan tidak mengembangkan pikiran mereka,'' kata Subha Narayan, psikolog anak. Kekurangan dari pengasuhan tipe ini adalah adanya ketergantungan dan kecemasan berlebihan di pihak anak.

Tipe berikutnya, kata Subha adalah tipe jellyfish atau ubu-ubur.
Orang tua pada tipe ini cenderung membebaskan dan tidak mengontrol. Awalnya anak tampak percaya diri, tapi tanpa aturan dan arahan, anak kurang memiliki sifat sosial dan akedemik. ''Orangtua yang memiliki aturan yang kurang keras akan kurang disiplin dan tampil sangat buruk. Mereka adalah orang-orang yang tidak bersedia mengikuti aturan dan berada dalam risiko mengonsumsi narkoba dan alkohol,'' kata Subha.

Tipe selanjutnya adalah lumba-lumba.
Ini merupakan tipe orangtua yang ideal. Seperti Lumba-lumba, mereka tegas, namun fleksibel. Ini adalah gaya pengasuhan yang paling seimbang. Anak-anak dapat mengikuti aturan dan bimbingan yang tepat dan lebih mampu membangun kemandirian yang sehat. Anak-anak juga akan tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab, seimbang, dan mandiri.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.