twitter  
Profil  

Jumat, 31 Maret 2017 | 06:55 wib
Kelembutan Suara Ibu Sama Ampuhnya dengan Pelukan


Percaya atau tidak, suara ibu ternyata ampuh memberi ketenangan dan mengurangi rasa gugup pada anak. Penelitian ini melibatkan 60 anak perempuan berusia 7-12 tahun yang diminta melakukan pidato di depan orang yang tidak dikenalnya. Para peneliti memantau kadar hormon kortisol yang memicu adrenalin dan stres.

Ke-60 anak ini dibagi dalam tiga kelompok. Kelompok pertama adalah anak-anak yang didampingi ibunya, kelompok kedua adalah anak yang berbicara dengan ibunya di telepon, dan terakhir adalah kelompok anak yang menonton film March of the Penguin, yang bersifat netral. Ketiga kelompok ini kemudian dipantau kadar kortisolnya. Peneliti ingin melihat apakah ada perubahan saat anak-anak ini bicara dengan sang ibu melalui telepon atau ketika mereka mendapat pelukan atau genggaman tangan dari ibunya.

Hasilnya, level oksitoksin dalam tubuh anak-anak di kelompok satu dan dua meningkat dan level kortisol menurun. Oksitosin diproduksi tubuh saat Anda merasa nyaman berpelukan dengan orang yang Anda percaya. Oksitosin mengurangi risiko penyakit jantung dan menguatkan daya tahan tubuh. Dr Paul Zak, 'dokter cinta' peneliti oksitosin, menyarankan 8 pelukan per hari. ''Selama ini oksitoksin diketahui hanya keluar bila ada kontak fisik. Ternyata tidak juga, terbukti suara ibu di telepon memiliki efek setara dengan pelukan,'' kata Dr Leslie Seltzer, ketua peneliti, dari Universitas Wisconsin-Madison seperti dikutip dari BBC.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.