twitter  
Profil  

Jumat, 10 Februari 2017 | 07:45 wib
Tepat Pilih Ekskul Psikologis Anak Berkembang Baik


Tak ada salahnya mengikutkan anak dalam beberapa ekskul. Tapi tahukah Anda, semakin banyak jenis ekskul yang diikuti anak jadi kurang fokus dan cenderung menurunkan prestasi akademiknya. Menurut penelitian Trinity College di Dublin terhadap anak-anak usia 9 tahun, anak yang menekuni hobi musik dan drama cenderung memiliki prestasi tinggi pada mata pelajaran matematika dan bahasa.

Mengutip Rte.ie, anak-anak yang happy menjalankan hobinya memiliki tumbuh kembang psikologis yang baik. Berikut beberapa kegiatan yang dianggap memiliki pengaruh baik dalam tumbuh kembang anak dari hasil penelitian tim psikiatri dari Vermont College of Medicine.

Seni bela diri. Satu diantara penelitian disertasi yang ditulis di Arizona State University menemukan, murid beladiri cenderung memiliki risiko rendah untuk menjadi korban bullying atau pelecehan di sekolah. Beberapa seni beladiri seperti karate, taekwondo, silat, atau kungfu mengajarkan kedisiplinan serta koordinasi fisik kepada anak. Terlebih lagi, kelas beladiri membantu anak berkonsentrasi lebih baik di sekolah.

Blogging. Penelitian yang dipublikasikan dalam jurnal Psychological Services membuktikan, blogging memiliki dampak positif untuk anak-anak yang canggung secara sosial. Blogging membantu anak menyadari ada dunia yang lebih besar daripada sekolahnya. Untuk anak-anak yang merasa tidak nyaman membagikan pikirannya secara online, jurnal pribadi juga dapat memberikan efek sehat, meminimalisir stres, serta meningkatkan kreativitas.

Bermain video game. Kegiatan anak yang satu ini memang kontroversial. Studi menunjukan, video game memicu sikap agresif pada anak dan diduga bisa memicu kecanduan. Namun, menurut American Psychological Association (APA), permainan kombat mampu meningkatkan kemampuan spasial serta pemecahan masalah anak. Orang tua tetap berfokus pada pendidikan formal yang ditempuh anak, namun tetap dukung hobi anak dan mengarahkan dengan baik. Pengembangan hobi yang terarah memberikan nilai keahlian khusus pada anak untuk berkembang di masa depan. (Cyntia Nur / Editor : Windy Goestiana)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.