twitter  
Profil  

Senin, 18 September 2017 | 10:54 wib
Baby Led Weaning, Biarkan Si Kecil Makan Sendiri
 

Saat menginjak usia 6 bulan bayi telah siap mendapatkan MPASI atau makanan pendamping asi karena diusia tersebut mereka membutuhkan banyak makanan yang mengandung gizi dan rasa yang lebih enak.

Di kalangan orang tua yang tinggal di perkotaan, anak - anak diajarkan lebih mandiri sejak usia dini. Mereka diajarkan lebih mandiri dengan cara anak dibiarkan belajar makan sendiri dengan memegang dan mengunyah langsung makanan yang mereka makan. Cara ini dikenal dengan istilah Baby Led Weaning.

"Baby Led Weaning ini adalah cara orang tua memberdayakan anaknya untuk belajar makan sendiri dengan menggunakan makanan yang mudah dicerna," kata Meuthia Ananda Psikolog saat On Air di Program Morning She, Senin (18/09).

Anak akan lebih mengenal jenis makanan, tekstur, dan rasa alami makanan tersebut. Baby Led Weaning ini juga menekankan pada kemampuan anak untuk mengunyah makanan yang agak padat. 

"Kita bisa menggunakan kentang atau labu kukus, buah alpukat dan sejenis buah dan sayur lainnya yang mudah dicerna. Orang tua juga tidak perlu menghaluskan atau menyaring makanan tersebut karena dalam metode ini anak lebih diarahkan untuk memegang makanannya sendiri, ini sekaligus menghindarkan anak jadi picky eater," jelas Meuthia.

Saat anak belajar makan sendiri dengan cara ini banyak makanan yang tidak masuk dalam mulut anak sehingga yang perlu diperhatikan adalah tidak semua anak cocok dengan cara ini terutama anak yang susah makan, karena bisa berakibat pada kurangnya asupan bergizi yang dikonsumsi anak. Alangkah baiknya ya Bunda, tetap konsultasikan ke dokter sebelum melakukan cara ini pada si kecil.

(Yosan)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.