twitter  
Profil  

Selasa, 20 Juni 2017 | 05:35 wib
Sebelum Mudik, Cek 5 Hal Ini


Bagi Anda yang akan mudik di hari ini, kami ingatkan Anda untuk sekali lagi periksa keamanan rumah sebelum meninggalkannya selama beberapa hari. Apa saja yang bisa dilakukan? Ini dia!

Kunci Pintu dan Jendela
Ini hal yang wajib dilakukan sebelum Anda meninggalkan rumah; kunci setiap pintu dan jendela. Bila perlu gunakan kunci ganda pada beberapa bagian. Bila pada pintu atau jendela ada kunci yang mulai aus, jangan ditunda untuk segera diganti atau diperbaiki. Setelah yakin terkunci dengan sempurna, pastikan untuk mengecek ulang sebelum Anda berangkat.

Matikan Semua Aliran
Secara umum di rumah terdapat tiga jenis aliran; listrik, air, dan gas. Untuk listrik, pastikan semua piranti yang menggunakan tenaga ini harus mati, dan hubungannya terputus dari sumber aliran listrik. Untuk air, matikan aliran yang ada di kran utama yang ada di dekat meteran air. Bila Anda menggunakan aliran gas rumah tangga, cukup matikan di pusat aliran yang ada di dekat meterannya.

Tinggalkan Nomor Telepon ke Tetangga
Berikan nomor HP dan telepon rumah Anda di kampung halaman pada tetangga atau RT di tempat Anda tinggal, yang tidak mudik. Sebaliknya, mintalah nomor telepon si tetangga atau ketua RT, agar Anda bisa menghubungi mereka sewaktu-waktu. Ini untuk memudahkan Anda bila ingin sekadar memantau kondisi rumah selama ditinggalkan.

Pangkas Tanaman Menjalar
Jika waktu mudik Anda cukup panjang, jangan lupa memangkas tanaman merambat yang Anda miliki. Walau tak berimbas pada resiko yang fatal, ketika pulang kembali ke rumah biasanya kita gampang marah karena capek. Mumpung rumah belum berubah menjadi kebun raksasa, ambil gunting, mulailah beraksi.

Kosongkan dan Bersihkan
Ini jurus sederhana untuk menghindari nyamuk. Selain mengosongkan bak mandi, juga buang genangan air, tutup bak plastik, tandon, dan yang lainnya. Sebelum berangkat, matikan seluruh kran air (termasuk kran utama!). Selain itu jangan pernah meninggalkan cucian, baik pakaian maupun peralatan dapur kotor lainnya selama mudik. Bersihkan dan simpan di tempat yang aman dan rapi. Tumpukan pakaian kotor merupakan sarang nyamuk dan serangga lain.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.