twitter  
Profil  

Minggu, 18 Juni 2017 | 09:24 wib
Awas Darah Menggumpal Saat Mudik


Terlalu lama duduk dalam perjalanan panjang (seperti dalam mobil, kereta api atau pesawat terbang) dapat membuat aliran darah balik ke jantung melalui pembuluh balik (vena) memburuk. Tubuh yang berada dalam posisi sama dalam waktu panjang bisa membuat darah di dalam vena menggumpal. Pembekuan darah ini yang disebut deep vein thrombosis (DVT). Banyak terjadi di daerah paha dan kaki bawah. Mengutip Mayo Clinic, tanda-tanda yang muncul seperti kaki yang bengkak, nyeri, kemerahan, dan kesemutan.

Untuk itu, meski Anda lelah selama di kendaraan, cobalah menggerakkan kaki dan telapak kaki ke atas, kanan, kiri, diputar secara berkala saat di dalam mobil. Anda juga bisa berdiri sebentar atau berjalan-jalan di lorong pesawat dan kereta setiap beberapa jam dalam perjalanan jarak jauh. Lakukan gerakan otot untuk membantu memompa darah menuju ke jantung sehingga aliran darah ke seluruh tubuh kembali lancar.

Apabila Anda tidak memiliki masalah gangguan pada pembuluh darah, lalu timbul rasa nyeri di dada dan sesak, segera periksa dokter. Karena, dikhawatirkan terjadi pulmonary embolism atau darah yang membeku itu pecah dan pecahannya yang terbawa aliran darah menuju pembuluh arteri di paru-paru menutup peredaran darah. Bila tidak segera ditangani, kondisi ini bisa berakibat fatal.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.