twitter  
Profil  

Jumat, 14 Juli 2017 | 11:36 wib
Unair Berhasil Buat Charger dengan Daya Panas Tubuh


Lima mahasiswa Universitas Airlangga Surabaya berhasil membuat charger ponsel berdaya suhu tubuh manusia. Kelima mahasiswa ini bernama Raja Bugatti, Luqyana Salsabila, Lendy Pradhana, Syahrul Munir, dan Vinda Aprilia. Mereka berkuliah jurusan S-1 Fisika, Fakultas Sains dan Teknologi (FST) Unair Surabaya.

''Kami terinspirasi dari kalor yang ada di dalam tubuh manusia,'' kata Raja Bugatti, ketua tim, seperti dikutip dari dari laman Unair, Sabtu (1/7/2017).

Kalor dalam tubuh manusia mampu menghasilkan panas yang bisa dimanfaatkan untuk sumber pengisian daya di smartphone. ''Tubuh manusia itu memiliki ion yang membawa listrik dan menghasilkan panas, sehingga memiliki potensi untuk dimanfaatkan sebagai sumber pengisian daya bagi smartphone,'' seperti dikutip web www.unair.ac.id.

Inovasi yang diberi nama Hand Charging, Charge The World, Charge The Society ini betul-betul memanfaatkan suhu tubuh manusia sehingga ketika tidak ada listrik pun tetap bisa digunakan.

Dengan menghitung rata-rata kulit manusia dewasa yaitu 1,7m² dan rata-rata manusia mengeluarkan energi sebesar 350.000 J per jam, dan 1 J/jam = 0,00028 W, maka daya yang dapat dikeluarkan oleh tubuh setiap harinya sebesar 5,7 mW/cm2. Dengan daya tersebut,  panas yang dihasilkan oleh tubuh manusia mampu membuat lampu bohlam 100 W menyala terang.

Foto : Ilustrasi
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.