twitter  
Profil  

Jumat, 14 Juli 2017 | 13:37 wib
Macam-Macam Cedera Selfie


Tiap 10 detik, ada 19 dari 20 remaja yang berswafoto dan diunggah ke Instagram. Tahukah Anda, bila tidak berhati-hati selfie bisa berujung maut dan membuat tangan cedera. Para dokter menyebut keluhan ini sebagai selfie wrist.

Umumnya, penyebab selfie wrist karena kurangnya keseimbangan tangan gara-gara seseorang sibuk mencari latar belakang yang bagus untuk berfoto dan tidak peduli pada lingkungan sekitar. Terlebih ukuran ponsel saat ini yang didominasi layar lebih lebar ikut mengurangi kemampuan tangan menggenggam.

Adapun keluhan lain berupa selfie elbow. Gejala awal selfie elbow muncul nyeri di bagian tangan dan siku. Cedera tersebut disebabkan posisi tangan yang menjulur dengan posisi lebih tinggi demi mendapatkan angle foto terbaik. Untuk mendapat ekspresi dan gambar terbaik, sayangnya swafoto dilakukan hingga belasan kali. Inilah yang kemudian menyebabkan cedera pada siku.

Untuk mengatasi cedera selfie elbow, bisa mengonsumsi obat penghilang sakit dan rutin mengompres siku.

Jordan Metzl, dokter dari kedokteran olahraga di New York's Hospital for Special Surgery mengatakan, posisi tangan saat swafoto memberikan terlalu banyak tekanan pada otot. Tekanan yang terlalu berat ini menyebabkan iritasi pada area di mana otot menempel dengan tulang. Dari iritasi inilah penderita selfie elbow kemudian mendapatkan respons inflamasi berupa rasa nyeri yang sangat sakit.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.