twitter  
Profil  

Rabu, 06 Desember 2017 | 14:33 wib
Google Rilis Aplikasi Ramah Kuota


Permasalahan klasik yang dihadapi pengguna ponsel pintar rata-rata sama : kehabisan kuota dan kehabisan memori penyimpanan. Banyaknya file foto, video, musik, aplikasi, dan dokumen membuat ponsel kehabisan memori sehingga bekerja lebih lamban saat menelusuri internet.

Untuk mengatasi masalah klasik tersebut, Google merilis aplikasi bernama Files Go. Aplikasi dirancang untuk memudahkan pengguna mengatur dan membersihkan slot penyimpanan file di ponsel melalui beberapa fitur utama :
  1. Membersihkan slot penyimpanan file (storage). Files Go akan secara otomatis memberi rekomendasi akan file yang bisa dihapus dari ponsel Anda, seperti misalnya aplikasi yang sudah lama tak Anda gunakan, kumpulan foto-foto serupa yang terulang, atau video beresolusi rendah. Menghapus file usang tak lagi membutuhkan waktu lama.
  2. Mengirim dan menerima file tanpa menggunakan kuota. Dengan Files Go, pengguna dapat melakukan transfer file dari ponsel mereka ke ponsel seseorang dalam jarak dekat. Proses transfer file ini terenkripsi, cepat (hingga 125 Mbps), dan sama sekali tidak menggunakan kuota ponsel Anda.
  3. Menyimpan file cadangan di cloud. Jika pengguna tidak yakin untuk menghapus sebuah file, mereka dapat memilih dari menu 'Files' dan akan menyimpan file cadangan ke Google Drive atau aplikasi penyimpanan komputasi awan lainnya.
Pada masa percobaan Files Go, Google menemukan bahwa rata-rata pengguna dapat menghemat slot penyimpanan hingga 1 GB pada bulan pertama. Hari ini, secara global Files Go telah tersedia di Play Store untuk seluruh ponsel dengan OS minimal Android 5.0 (Lollipop).



Selain merilis aplikasi Files Go, Google juga mengenalkan aplikasi ramah kuota bernama Google Go. Aplikasi Google Go merupakan search engine Google yang hemat kuota untuk ponsel yang terbatas kuota Internet dan Wi-Fi. Google Go hanya memakan slot memori sebanyak 5 MB. Berkat pengembangan inovasi Google untuk teknologi komperesi ponsel, pengguna bisa menghemat kuota hingga 40 persen saat menelusuri informasi dengan Google Go. Situs dimuat dengan lebih cepat, bahkan dari perangkat dengan RAM rendah di jaringan 2G. Jika Internet Anda terputus saat sedang menelusuri informasi di Google, secara otomatis aplikasi ini akan memberikan hasil penelusuran saat Anda kembali online.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.