twitter  
Profil  

Senin, 27 Maret 2017 | 05:30 wib
Kacang-Kacang Bergizi nan Murah


Eko Dwi Martini, ahli gizi, percaya, ada banyak jenis protein nabati yang bisa anda andalkan selain kedelai. Apa saja?

Kacang polong. Dalam 100 gram kacang polong rebus terdapat kandungan serat sebesar 8,3 gram. Dengan jumlah ini, anda sudah mencukupi 33 persen kebutuhan serat. Serat larut yang terkandung di dalam kacang polong baik untuk mengontrol kadar gula darah dan menurunkan kadar kolesterol. Masih dalam ukuran 100 gram kacang polong rebus terkandung Folat yang mencukupi 16 persen kebutuhan harian, Thiamin yang mencukupi 13 persen kebutuhan harian, dan Vitamin K yang mencukupi 6 persen kebutuhan harian. Folat berguna untuk mencegah cacat pada janin.

Kandungan Thiamin berguna untuk menjaga kinerja sistem saraf dan otot. Sedangkan Vitamin K terlibat penting dalam pembentukan dan perbaikan struktur tulang. Selain ketiga nutrisi di atas, kacang polong juga mengandung asam pantotenat yang membantu menjaga ketersediaan energi dengan 'memecah' glukosa dan asam lemak. Adapun kandungan lain seperti Niasin di dalam kacang polong berguna untuk menetralisir zat racun dan ikut memperbaiki sistem cerna dan saraf. Untuk anda yang ingin menghaluskan kulit, kacang polong mengandung riboflavin yang mencukupi 3 persen dari kebutuhan harian.

Kacang hijau.
Setiap cangkir kacang hijau rata-rata mengandung 3,16 gram protein. Jumlah ini bahkan lebih tinggi dari setiap 7 gram daging yang ''hanya'' mengandung 28,35 gram protein. Seperti halnya kacang kedelai, kacang hijau mengandung nutrisi isoflavon yang dikenal sebagai fitoestrogen. Tubuh membutuhkan isoflavon sebagai pengatur kegiatan hormonal di tubuh. Mengonsumsi 90 mg fitoestrogen setiap hari dapat membantu perempuan terhindar dari osteoporosis. Diantara jenis kacang-kacangan yang lainnya, kacang hijau merupakan makanan dengan indeks glikemik rendah. Sehingga cocok untuk mereka yang berdiet gula dan diabetes.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.