twitter  
Profil  

Sabtu, 12 Agustus 2017 | 05:40 wib
7 Pencegahan Stroke Pada Wanita
Situs kesehatan Prevention merilis 7 Cara yang bisa kita lakukan untuk mencegah stres pada wanita. Apa saja?

Makan ubi jalar, kismis dan pisang. Ketiga makanan ini kaya kalium yang membantu mengurangi risiko stroke sebesar 20 persen.

Kelola emosi. studi yang dipublikasikan dalam jurnal Hypertension menunjukkan, orang yang lekas marah dan agresif mungkin berada pada risiko yang lebih tinggi terserang stroke. Peneliti menemukan bahwa orang yang memiliki skor tinggi untuk sifat antagonis pada tes kepribadian standar memiliki penebalan arteri leher yang lebih besar dibanding orang yang lebih sabar. Penebalan arteri leher merupakan salah satu faktor risiko stroke.

Berjalan minimal 20 menit per hari. Menurut hasil penelitian pada 40 ribu wanita selama 12 tahun diketahui, bila 'total waktu' berjalan anda selama seminggu mencapai 2 jam, risiko stroke berkurang hingga 30 persen. Metode berjalan cepat juga dapat mengurangi kemungkinan stroke hingga hampir 40 persen.

Redakan depresi. Pada penelitian yang melibatkan 80 ribu wanita diketahui, depresi meningkatkan risiko stroke hingga 29%. Dalam kondisi depresi, wanita cenderung melakuakn perilaku destruktif seperti makan-makanan 'pelega emosi' secara berlebihan dan meniadakan aktivitas fisik. Bila kebiasaan ini berlanjut, tentu risiko penyakit yang akan dialami tak hanya stroke tapi juga tekanan darah tinggi, kolesterol, dan diabetes.

Cukup tidur 7 jam sehari. Saat anda tidur lebih dari jam 10 malam maka risiko stroke akan meningkat hingga 63%. Mengapa? Karena sindrom metabolik tubuh terganggu. Saat tidur, tubuh melakukan memulihkan sistem aliran darah, aliran getah bening, sistem saraf, dan sekresi internal yang akan kembali normal. Hanya di saat anda mengurangi pergerakan tubuh, enzim dapat bebas bekerja dan mengisi tenaga ke area yang kelelahan di tubuh.

Memasak dengan minyak zaitun. Hasil penelitian di Perancis pada 7.600 orang dewasa usia lebih dari 65 tahun ditemukan hasil, orang yang teratur menggunakan minyak zaitun mengurangi risiko stroke hingga 40 persen. Gunakan minyak zaitun untuk memanggang, menggoreng, dan menumis masakan atau menuangkannya beberapa tetes ke dalam salad agar mendapatkan manfaat sehat minyak zaitun untuk mencegah stroke.

Perhatikan detak jantung Anda. Detak jantung yang abnormal misalnya disertai dengan sesak napas ringan dan nyeri dada dapat menjadi tanda-tanda fibrilasi atrium (AF), yang meningkatkan risiko stroke sekitar 5 kali lipat. Jika detak jantung Anda menunjukkan tanda-tanda yang tidak normal, periksakan segera ke dokter untuk mendapatkan obat yang tepat dan untuk menurunkan risiko.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.