twitter  
Profil  

Sabtu, 01 April 2017 | 08:13 wib
Putih Telur Turunkan Tekanan Darah Tinggi
Dari hasil penelitian di China's Jilin University yang diketuai Dr Zhipeng Yu, meungkapkan telur sebagai makanan yang luar biasa karena putih telur dapat menurukan tekanan darah.  Dalam putih telur mengandung peptida, salah satu bentuk protein yang baik untuk mengurangi tekanan darah.  Peptida tersebut diberi nama RVPSL (Arg-Val-Pro-Ser-Leu). RVPSL sama baiknya dengan Captopril, Vasotec dan Monopril, , obat yang dipakai untuk menurunkan tekanan darah, dengan dosis rendah. Hal ini dikarenakan RVPSL memiliki kemampuan untuk menekan produkasi ACE (angiotensin-converting-enzyme), yaitu substansi yang dibentuk oleh tubuh yang menaikan tekanan darah.

Telur yang digoreng, dengan dimasak pada suhu tinggi,  benar-benar menunjukkan kemampuan lebih besar untuk mengurangi tekanan darah dari pada telur yang direbus pada suhu 212 derajat Fahrenheit  (dikutip dari Journal ACS 'Kimia Pertanian dan Makanan).

Eksperimen yang dilakukan pada tikus menunjukkan bahwa RVPSL tidak memiliki efek beracun atau efek buruk lain selain menurunkan tekanan darah. Hasil penelitian ini akan dipresentasikan di Natinal Meeting & Expotition dari American Chemical Society  (ACS) di New Orleans. ACS adalah organisasi  ilmiah yang berbasis di Amerika Serikat yang mendukung penyelidikan ilmiah di bidang kimia dan terbesar di dunia.  ACS merupakan salah satu sumber utama informasi ilmiah yang otoritatif. 

Penelitian ini sesuai dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Missouri yang menunjukkan bahwa sarapan kaya protein, termasuk sarapan dengan makanan yang mengandung telur. Hal ini dapat memperbaiki nafsu makan dan mencegah kebiasaan ngemil yang tidak sehat di sore dan malam hari. Selain itu, penelitian ini juga relevan dengan penelitian yang dilakukan oleh University of Alberta, Kanada, yang menemukan bahwa telur memproduksi protein yang berefek sama seperti obat-obatan penurun tekanan.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.