twitter  
Profil  

Jumat, 04 Agustus 2017 | 21:30 wib
Pengawet Makanan Picu Kanker Pankreas


Hati-hati untuk anda yang sering mengonsumsi produk daging olahan semacam sosis dan daging asap. Kandungan pengawet di dalam produk tersebut bisa memicu kanker pankreas.

Kandungan sodium nitrit yang sering ditemukan dalam olahan sosis dan daging asap bersifat karsinogen atau memicu kanker. Profesor Susana Larsson, peneliti asal Swedia mengatakan, mengonsumsi 50 gram daging olahan atau setara dengan satu sosis setiap hari bisa meningkatkan risiko terkena kanker pankreas sampai 19 persen. Sementara orang yang mengkonsumsi 100 gram tiap hari risikonya meningkat jadi 38 persen dan 57 persen bagi mereka yang mengkonsumsi 150 gram tiap hari.

Penelitian yang dilakukan British Journal of Cancer menunjukkan, 11 studi termasuk 6.643 kasus kanker pankreas disebabkan karena mengkonsumsi daging olahan seperti sosis. ''Pasien kanker pankreas memiliki tingkat kelangsungan hidup yang lebih rendah,'' kata Profesor Susana Larsson. Lebih dari 8.000 jiwa warga Inggris telah didiagnosis terkena kanker pankreas setiap tahun.

Kanker pankreas bisa muncul karena kebiasaan merokok, minum-minuman beralkohol, dan obesitas. Setelah melihat hasil penelitian ini, kanker pankreas juga bisa terjadi karena bahan pengawet dalam makanan. Gejala yang ditimbulkan didahului dengan sakit punggung, hilangnya nafsu makan, dan penurunan berat badan turun.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.