twitter  
Profil  

Rabu, 18 Januari 2017 | 16:37 wib
GERD Sering Disangka Maag Padahal Lebih Berbahaya


Beberapa orang beranggapan penyakit asam lambung tak bisa menyebabkan kematian. Kenyataannya, Jean Trifena Patty, Miss Indonesia 2016 asal Maluku, dan Achmad Kurniawan, Kiper Sepak bola Arema tutup usia karena riwayat penyakit asam lambung yang lama diidap.

Menurut dr Herry Purbayu Spesialis Penyakit Dalam (SpPD) yang pernah diwawancara SHE Radio, penyakit asam lambung ada banyak jenisnya. Khusus untuk GERD, meski gejalanya mirip maag tapi GERD bukan maag. GERD merupakan penyakit karena asam lambung yang berbalik arah. GERD dipicu berbagai faktor seperti kegemukan, makan terlalu kenyang, tidur terlentang setelah makan, merokok, mengonsumsi makanan atau minuman beralkohol, konsumsi kopi berlebihan, dan stres. Beberapa gejala GERD yang lain seperti sulit untuk menelan (dysphagia), sakit untuk menelan (odinophagia), batuk kering, mual, sesak nafas seperti asma, suara serak, regurgitasi atau rasa asam di kerongkongan dan mulut seperti habis muntah, dan radang tenggorokan.

Asam lambung yang naik hingga kerongkongan akan mengakibatkan luka yang disebut esofagitis. Apabila luka ini dibiarkan dengan berbagai komplikasi lain seperti pendarahan dan penyempitan di kerongkongan maka akan memicu kanker kerongkongan. Apabila asam lambung naik lalu muncul rasa panas di dada, dan rasa pahit di kerongkongan, ini merupakan tanda GERD. Catatan dari hospital base di Indonesia sejak 2009 menyebutkan, sekitar 20 persen dari total pasien yang datang ke Departemen Ilmu Penyakit Dalam menyampaikan keluhan gejala GERD dari ringan hingga parah.

Beberapa cara mengantisipasi kambuhnya GERD dengan mengonsumsi obat yang mengandung antasida untuk mengurangi produksi asam lambung, disarankan juga untuk menjaga berat badan proporsional, tidak memakai pakaian ketat, menghindari makanan berlemak, pedas, asam, minuman bersoda, kafein, dan disarankan tidak berbaring antara 1-2 jam setelah makan. (Meiyanti Suryaningtiyas/Windy Goestiana)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.