twitter  
Profil  

Jumat, 10 Februari 2017 | 08:02 wib
Anemia Bisa Picu Demensia


Teman SHE, bila Anda merasa 5L atau lemah, letih, lesu, lunglai, lemas, bisa jadi Anda memiliki riwayat anemia atau kurang zat besi dalam darah. Gejala 5L umumnya dirasakan untuk pengidap anemia ringan. Untuk gejala yang lebih berat, menurut UCSF Medical Center, University of California San Fransisco, anemia bisa memicu jantung berdenyut lebih cepat, napas pendek, kulit tampak lebih pucat.

Bahaya anemia juga diungkap dalam sebuah penelitian di University of California, San Francisco dan American Academy of Neurology. Dalam penelitian yang diikuti sekitar 2.552 orang dewasa antara usia 70 sampai 79 tahun tersebut menunjukkan, orang yang mengidap anemia memiliki resiko lebih tinggi hingga 41 persen mengalami demensia (penurunan fungsional otak, termasuk memori). Penelitian tersebut dilakukan dalam kurun waktu 11 tahun.

Mengingat anemia memiliki dampak buruk bagi kesehatan, sudah seharusnya kita berupaya untuk mencegahnya dengan melakukan beberapa tips berikut:
  1. Penuhi kebutuhan zat besi. Konsumsi makanan yang mengandung tinggi zat besi seperti hati ayam, daging merah dan sayuran misalnya bayam.
  2. Penuhi kebutuhan vitamin B-12. Beberapa makanan yang diketahui mengandung tinggi vitamin B-12 diantaranya susu, daging, telur dan seafood.
  3. Cukupi asupan vitamin C. Fungsi vitamin C sangat banyak sekali bagi kesehatan, diantaranya menangkal efek buruk radikal bebas, meningkatkan sistem imun, dan membantu penyerapan zat besi. Beberapa buah dengan tinggi vitamin C diantaranya; Jeruk, kiwi, strawberry dan markisa.
  4. Penuhi kebutuhan protein. Protein memiliki banyak kegunaan di dalam tubuh kita diantaranya pembentukan sel darah merah, sumber energi dan perbaikan sel. Ada banyak makanan dengan tinggi protein diantaranya: ikan, daging sapi, daging ayam dan seafood. Atau jika anda membutuhkan asupan protein dari sumber nabati, anda bisa mengkonsumsi kedelai, brokoli, jamur, dan kacang almond.
  5. Hindari begadang. Usahakan untuk tidur tidak lebih dari jam 10.30 malam.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.