twitter  
Profil  

Senin, 04 September 2017 | 08:48 wib
Mana Yang Baik, Telur Ayam Kampung atau Ayam Arab ?



Jika berbelanja telur ayam kampung di Pasar Tradisional atau Supermarket sering kita dibingungkan dengan dua pilihan jenis telur Ayam Kampung Lokal dan Ayam Kampung Arab. Secara kasat mata kedua telur ayam jenis ini memiliki kesamaan dari segi ukuran dan warna cangkang telur sehingga kita sebagai konsumen sulit membedakan.

Telur ayam Arab ini berasal dari jenis ayam brakel kriel-silver dari Belgia sementara telur ayam kampung berasal dari ayam kampung lokal Indonesia.

Menurut Prof. dr. Bambang Wiryatmadi, MS, MCN, PhD, Sp. GK  Ahli Gizi saat On Air di Morning She, Senin (4/9), Pada dasarnya semua kadar gizi telur ayam itu sama, yang membedakan adalah cara memelihara ayam itu sendiri.

"Jika Ayam dilepas dan mencari makan sendiri maka ayam tersebut akan mecari makanan yang sehat untuk dirinya, sehingga jika ayam bertelur akan menghasilkan telur yang berkualias dan kaya akan protein, berbeda dengan ayam yang dikandang dan diberi makan pemiliknya", kata Bambang.

Prof Bambang juga menyarankan, jika anda membeli telur ayam kampung atau ayam arab dipasaran lebih baik melihat kadar gizi yang tercantum dan perhatikan tanggal kadaluarsa agar kualitas gizi dari telur yang akan kita konsumsi tetap terjaga.

(Fariz/Yosan)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.