twitter  
Profil  

Kamis, 09 Agustus 2018 | 09:13 wib
Masrutam, Masker Ampas Teh untuk Kulit Jerawat
 
Punya tipe kulit berjerawat memang butuh perhatian ekstra. Tapi tenang, baru-baru mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) berhasil membuat masker berbahan rumput laut dan ampas teh yang bagus untuk kulit berjerawat.

Tiga mahasiswa IPB itu adalah Bintang Efrata Aprilia, Andika Fransiskayan, dan Mutiara Rahmawati. Mereka menamakan masker herbal buatannya dengan Masrutam, yang berarti masker rumput laut dan ampas teh. merupakan masker herbal," kata Bintang, di Bogor, Minggu.

Kata Bintang, masker ini dibuat dari ekstrak rumput laut (Sargassum sp), dan ampas teh (Eucheuma cottonii). Kedua bahan ini telah diteliti mampu mencegah dan menghilangkan pertumbuhan bakteri Propionibacterium acnes, penyebab utama jerawat.

Rumput laut sudah lama diketahui memiliki senyawa aktif polifenol yang berperan sebagai antioksidan. Sifat ini menyebabkan rumput laut mampu bertindak sebagai antioksidan. ''Kami telah menguji daya hambat Masrutam terhadap aktivitas pertumbuhan bakteri penyebab jerawat,'' kata Bintang.

Tak hanya bisa mengatasi jerawat, Masrutam juga menjadi masker alami yang bermanfaat untuk melembutkan kulit dan melindungi kulit dari paparan sinar UV. Dalam pengerjaannya, tiga mahasiswa ini dibimbing langsung oleh Prof Nurjana dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK).
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.