twitter  
Profil  

Selasa, 02 Januari 2018 | 15:40 wib
5 Cara Melatih Disiplin Diri
 
Tanpa disiplin diri, resolusi sehebat apapun yang sedang Anda gagas tentu hanya akan berakhir sebagai wacana. Berikut trik melatih disiplin diri versi Rhenald Kasali, founder Rumah Perubahan.

Singkirkan Segala Macam Distraksi. Hal mendasar yang harus dilatih ketika berbicara mengenai Self Discipline adalah mengenai Self Control (kontrol diri). Memiliki kontrol diri yang baik bisa membawa Anda menuju disiplin diri. Yang Anda bisa lakukan sebagai tahap pertama misalnya dengan menyingkirkan segala macam distraksi. Telepon selular, sebagai contoh, bisa Anda jauhkan sementara dalam sementara. Bisa juga untuk tidak menahan diri supaya tidak mengakses situs-situs media sosial seperti Facebook dan Twitter. Bahkan Email sekalipun kalau perlu. Berada jauh dari sumber distraksi akan membantu Anda untuk fokus terhadap apa yang Anda kerjakan.

Makan Teratur dan Makan yang Sehat. Kata siapa berlatih disiplin diri tidak ada hubungannya dengan apa yang Anda konsumsi? Menjaga asupan makanan juga termasuk hal yang bisa melatih kedisiplinan diri. Tidak tepatnya makanan yang dikonsumsi akan mempengaruhi tingkat konsentrasi Anda. Yang juga berarti akan berpengaruh terhadap fokus Anda. Begitu pula dengan waktu makan. Makanlah pada jam-jam yang sudah ditentukan seperti pada saat sarapan, makan siang, dan makan malam. Berlatih untuk tidak mengunyah di luar jam makan, sebenarnya melatih Anda untuk tetap disiplin mulai dari hal yang paling esensial.

Tidak Perlu Menunggu ''Waktu yang Tepat''. Mengubah kebiasaan menjadi lebih disiplin tentu saja merupakan sesuatu yang tidak nyaman. Pada awalnya, Anda akan berusaha untuk mengelak dengan alasan ''waktu yang belum tepat.'' Dan Anda akan menunda untuk memulai kebiasaan baru tersebut. Maka, Anda harus berkomitmen supaya tetap melakukan kebiasaan baru tersebut tidak peduli apa yang terjadi. Awalnya otak akan merasa tidak nyaman, tidak merasa bahwa kebiasaan baru tersebut adalah sesuatu yang sebaiknya dilakukan. Namun, kembali lagi, jangan terperangkap oleh ilusi otak tersebut.

Berikan Waktu untuk Istirahat. Melatih diri untuk memiliki Self Discipline bukan berarti Anda terus menerus menjadi sangat ketat terhadap diri Anda. Penting juga bagi Anda untuk menjadwalkan kapan Anda harus beristirahat hingga menghadiahi diri sendiri. Anggap saja sebagai sebuah reward yang patut Anda berikan karena sudah berusaha menjadi pribadi yang lebih disiplin. Tetapi, perlu diingat juga, waktu istirahat pun sebaiknya seimbang dengan usaha yang sudah Anda keluarkan. Anda bisa saja menghabiskan hari Sabtu dengan menonton televisi di rumah tetapi di hari lain, Anda bekerja secara optimal. Ingat, Anda juga perlu memiliki kehidupan yang seimbang.

Move Forward. Membiasakan diri Anda memang akan penuh usaha. Kadang Anda bisa dengan mudah menjalaninya tapi ada juga waktu dimana akan terasa sangat susah. Kegagalan yang Anda temui ketika mengusahakan menjadi lebih disiplin jangan sampai menghalangi semangat Anda. Malah, jadikan hal tersebut sebuah evaluasi. Bisa saja rencana yang sudah Anda pikirkan ternyata belum tepat karena ada faktor-faktor tertentu yang luput dari pemikiran Anda. Jangan jadikan kegagalan sebagai titik henti untuk menjadi lebih disiplin. Ingat filosofi anak tangga. Apabila Anda merasa kesulitan berarti Anda tengah menanjak menuju anak tangga yang lebih tinggi. Semoga berhasil!
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.