twitter  
Profil  

Sabtu, 06 Januari 2018 | 06:22 wib
5 Sikap Atasan yang Diinginkan Karyawan
 
Bagi Anda yang saat ini menjadi pemimpin dalam sebuah perusahaan, pernahkah Anda mengakui kesalahan pada karyawan Anda?

Teman SHE, tahukah Anda kalau ternyata ada beberapa perilaku atasan yang berdampak signifikan pada kepuasan kerja karyawan. Menurut Riset ''Global Leadership Study'' yang digagas Dale Carnegie, beberapa perilaku atasan yang mempengaruhi kepuasan karyawan diantaranya, kesediaan atasan memberi apresiasi serta pujian yang tulus kepada karyawan, lalu kemauan atasan melihat dari sudut pandang orang lain, kemudian saat atasan berinisiatif menjadi pendengar yang baik, kesediaannya mengakui kesalahan, dan respek atas kontribusi karyawan.

Data dari studi ini juga menunjukkan, 85 persen karyawan menganggap apresiasi dan pujian dari atasan terhadap pekerjaan yang mereka lakukan sangatlah penting. Namun pada praktiknya hanya 36 persen atasan yang melakukannya. Begitu juga dengan kegagahan atasan yang 'berani mengakui kesalahan' menjadi faktor yang semakin penting memengaruhi kepuasan karyawan. Hasil studi menyebutkan, 78 persen karyawan mengharapkan atasan mereka berani mengakui kesalahan namun hanya 37 persen supervisor yang melakukannya dengan konsisten.

Riset ini digelar di 14 negara termasuk Indonesia. Studi ini melibatkan sekitar 3.300 pekerja dengan rentang usia 22–61 tahun, mulai dari level karyawan hingga direktur. Di Indonesia, studi menyertakan 205 pekerja dari perusahaan kecil hingga menengah, dengan tujuan mengetahui cara kepemimpinan yang efektif di tanah air.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.