twitter  
Profil  

Sabtu, 24 Februari 2018 | 07:25 wib
Salah Makan Bisa Picu Hidden Hunger


Salah memilih pola makan hati-hati berujung hidden hunger. Keluhan hidden hunger ini terjadi ketika tubuh kekurangan vitamin A, zinc, dan zat besi. Kata Prof Soekirman Soekirman, SKM, MPS-ID, PhD, dari Koalisi Fortifikasi Indonesia (KFI), beberapa masalah kesehatan yang bisa muncul jika mengalami hidden hunger diantaranya sistem imun lemah.

Menurut Prof dr Endang L. Achadi, MPH, Dr.PH, Ketua Umum Perhimpunan Dokter Gizi Medik Indonesia (PDGMI), rendahnya konsumsi protein berakibat pada jumlah vitamin A yang sedikit dalam tubuh. Padahal vitamin A merupakan mikronutrien penting untuk menjaga sistem imun bekerja dengan baik. Kekurangan vitamin membuat tubuh lebih mudah terserang infeksi.

Penyakit lain yang muncul dari efek hidden hunger adalah kebutaan mendadak. Dampak kekurangan vitamin A yang parah bisa memicu kebutaan mendadak. Ini karena kadar vitamin A yang ada di darah hanya cukup kebutuhan sehari-hari.

Di sisi lain, hidden hunger juga bisa memicu anemia. Prof Ir Ahmad Sulaeman, MS, PhD, dari PERGIZI Pangan Indonesia mengatakan, pola makan yang salah bisa menghilangkan asupan zat besi yang memicu anemia pada wanita. Kekurangan zat besi ini sering jadi pemicu rasa letih, lesu, pusing berkepanjangan pada wanita.

Dr Marudut, MPS dari Persatuan Ahli Gizi Indonesia mengatakan, kekurangan vitamin A berhubungan dengan sel beta pankreas. Dampaknya, kurang konsumsi vitamin A bisa meningkatkan risiko mengalami diabetes.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.