twitter  
Profil  

Sabtu, 07 April 2018 | 07:56 wib
Inspiratif! Ibu Rumah Tangga Ini Hemat Rp 317 Juta dalam Setahun
 

Nama Olivia White jadi pembicaraan belakangan ini. Olivia dianggap sebagai ibu rumah tangga yang inspiratif karena mampu menabung Rp 317 jutaan dalam setahun. Padahal, nafkah yang diberikan suaminya juga dalam jumlah yang wajar. Lalu dari mana tabungan ratusan juta rupiah itu?

Olivia mengaku hanya mengganti kebiasaan belanja dengan cara-cara sederhana yang lebih hemat.

''Kami memulai perjalanan kami dengan tanpa hutang selain cicilan rumah. Kami tidak punya kartu kredit, cicilan, atau hutang besar seperti mobil atau department store. Kami juga tidak tinggal di kota besar, kami tinggal di daerah. Dan walaupun tinggal jauh ada kekurangannya tapi itu membuat hipotek kami lebih sedikit. Jadi ketahuilah, kalau aku mengerti kondisi setiap orang berbeda,'' kata Olivia di akun Instagramnya.

Olivia pun mengungkap lima kunci sukses menabung berdasarkan pengalamannya. Pertama, ketahui secara detail pemasukan dan pengeluaran selama tiga bulan terakhir. Kemudian cari pengeluaran yang sebenarnya tidak penting dan bisa diminimalkan, bahkan ditiadakan. Untuk Olivia, pengeluaran itu seperti keanggotaan gym, belanja sedikit-sedikit di supermarket, hingga makan siang di luar.

Belanja makanan menurut Olivia bisa membengkakkan anggaran, maka Olivia mencari strategi agar bisa lebih hemat. Karenanya, tips penghematan yang kedua dari Olivia adalah belanja dan menyiapkan menu makanan setiap minggu. Jadi, ia akan memikirkan menu untuk satu minggu ke depan lalu membeli bahan makanan sesuai dengan apa yang ada di daftar. Dengan begini, Anda tidak akan sembarang membeli makanan di luar budget atau terlalu sering beli di restoran.

Penghematan ketiga adalah membayar sejumlah pengeluaran wajib secara mingguan. Olivia memilih untuk membeli bensin dan membayar rekening listrik setiap minggu. Hal ini dilakukan untuk mencegah pengeluaran yang mengejutkan di akhir bulan. Dengan begitu, kita bisa mengetahui jika pemakaian sudah berlebihan sehingga lebih berhemat di minggu selanjutnya.

Trik keempat, Olivia sering menjual barang-barang tidak terpakai secara online. Yang terakhir, Olivia memilih untuk tidak membandingkan keadaan finansial Anda dengan keluarga lain.

''Terutama di era media sosial ini dan bombardir terus menerus mengenai kehidupan orang lain dalam feed-mu. Bisa menjadi mudah untuk terjebak dan berpikir kamu mau atau butuh sesuatu hanya karena kamu melihat orang lain memakainya. Rumah lebih besar? Mobil lebih mahal? Liburan mewah? Apa kamu benar membutuhkannya? Seperti ibuku bilang, 'Berbahagialah dengan apa yang kamu punya sambil meraih apa yang kamu inginkan','' kata Olivia.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.