twitter  
Profil  

Jumat, 09 November 2018 | 13:43 wib
Tur Dunia Pandji Pragiwaksono Singgah Surabaya
 
Jelang satu hari sebelum Pragiwaksono World Tour 2018 digelar di DBL Arena Surabaya, Jumat (9/11) Pandji Pragiwaksono, stand-up comedian Indonesia, ''buka-bukan'' di SHE Radio. Pandji cerita, ada banyak hal-hal tak terduga saat show stand-up berlangsung. Diantaranya, saat harus melakukan improvisasi demi mencari 'chemistry' ke penonton setempat.

Contohnya, saat stand-up di Makassar Pandji spontan selama 30 menit membahas kenapa Makassar nggak punya kebun binatang. ''Kadang saat datang ke kota tertentu ada isu yang lebih menarik untuk dibahas. Jadi keluar dari skenario supaya dapat semangat lokalnya,'' kata Pandji. Saat di Surabaya pun dia sempat bicara tentang radikalisme pasca teror bom.

Tak hanya improvisasi spontan di atas panggung, ternyata sebelum naik panggung Pandji juga punya beberapa ritual untuk membuat penampilannya makin santai dan sempurna. ''Sebelum manggung saya harus tidur siang sebelumnya, istirahat, nggak mau dikasih kerjaan apa-apa. Lalu cek persiapan terakhir, tulis ulang materi, cek lagi ada yang terlewat atau nggak, lalu latihan lengkap sama gerakan badan,'' kata Pandji. Bahkan sesaat sebelum manggung Pandji selalu menyempatkan makan pisang, mendengarkan lagu-lagu enak, dan nonton stand-up idola. Pisang memang dikenal mengandung vitamin B6 yang membantu tubuh lebih rileks dan menstimulus rasa senang.

Pandji akan tampil besok (10/11) di DBL Arena pukul 7 malam. Acara ini akan dibuka dengan penampilan dari Mamat Alkatiri, Grand finalis Stand Up Comedy tahun 2017. Selain itu, di acara Pragiwaksono World Tour di Surabaya akan dirilis album ke 5 milik Pandji yang sudah digarap selama 10 tahun. Ada juga single ''Makan-Makan'' akan jadi pembuka peluncuran album tersebut. Secara teknis, persiapan di venue sudah dipersiapkan dengan aman. Pandji dan Mamat juga sudah mempersiapkan materi dengan matang, dengan pemilihan materi-materi terbaik. ''Surabaya juga salah satu kota favorit untuk stand up comedy, karna penonton di Surabaya sangat antusias dan selalu menyenangkan,'' lanjutnya.

Tur dunia ketiga ini diberi nama Pragiwaksono yang berarti ''Kebijaksanaan''. Tur dunia Pragiwaksono akan diselenggarakan di 13 kota, 7 kota di antara nya di luar Indonesia. Periode tur dunia ini akan dimulai dari kota Manila di 28 Juli 2018 hingga 26 Januari 2019 di kota Jakarta yang mana akan diselenggarakan sebagai puncak tur dunia ini. Acara puncak tur dunia Pragiwaksono Jakarta akan diselenggarakan di Plenary Hall, JCC, Senayan. Tak kurang dari 5000 penonton akan menjadi saksi perhelatan terbesar sepanjang sejarah pertunjukan stand-up comedy special Indonesia. (Yurizcha Alifya / Editor : Windy Goestiana)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.