twitter  
Profil  

Selasa, 27 November 2018 | 12:37 wib
Luncheon & Table Manner di Hari Guru
Ada banyak cara menyampaikan terima kasih pada sosok guru. Di perayaan Hari Guru (27/11) lalu, sebanyak 15 guru dari beberapa sekolah diajak untuk belajar table manner sambil menikmati makan siang di Java Paragon Hotel & Residences.

Total ada tiga sekolah yang diundang dalam perayaan ''Untukmu Guru'' tahun ini. Tiga sekolah itu adalah SDN Dukuh Kupang Surabaya, SMPN 46 Surabaya dan SMA Gema 45 Surabaya. Kelima belas guru ini dilatih menggunakan peralatan makan sesuai fungsi dan jenis, kemudian diperlihatkan posisi duduk yang benar serta tata krama di meja makan.

Bertempat di The Avenue Lounge Bar, Java Paragon Hotel & Residences para guru tampak bersemangat mendengar penjelasan dari Benny Chandra, Banquet Manager Java Paragon Hotel & Residences. ''Para guru memulai table manner dengan memperbaiki penggunaan serbet. Saat makan, serbet bukan diletakkan di leher tapi diletakan di pangkuan. Begitu juga kalau ingin meninggalkan meja makan karena ada perlu ke kamar mandi, serbet diletakkan di bangku bukan meja. Kalau serbet diletakkan di meja, maka pelayan akan menganggap sesi makan Anda selesai,'' kata Benny.

Acara makan dibuka dengan menikmati soft bread sebagai appetizer terlebih dulu. Alat makan yang dipakai juga dimulai dari yang bagian terluar lebih dulu. Untuk menikmati sup pun harus menggunakan sendok sup dan tidak boleh sendok lainnya. ''Ada aturan main dalam menikmati sup. Kalau masih panas, sup tidak boleh ditiup tapi cukup diaduk pela untuk mengeluarkan uap panasnya,'' kata Benny.

Tak hanya itu, sebelum minum pun mulut harus dalam keadaan bersih agar tidak ada sisa makanan yang menempel di permukaan gelas. ''Supaya saat minum juga tidak ada makanan yang tertinggal di dalam gelas,'' kata Benny menyarankan.

Acara apresiasi ini pun tidak hanya memberikan pengetahuan soal table manner saja, tapi juga memberikan pengetahuan soal bagaimana cara meningkatkan penampilah untuk kebutuhan sehari-hari, khususnya tetap tampil rapih saat mengajar dari La Tulipe dan Surabaya Skin Centre. Menurut Tara, Guru SMA GEMA 45 Surabaya, dirinay s enang bisa diundang di acara semacam ini. ''Bangga akhrinya ada apresiasi di Hari Guru,'' kata Tara.

Rendy Eka Saputra, PR Manager Java Paragon Hotel & Residences berharap apresiasi di hari guru ini bisa bermanfaat bagi mereka. (Yuna / Editor : Windy Goestiana)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.