twitter  
Profil  

Rabu, 05 September 2018 | 06:00 wib
Istilah Fashion yang Wajib Diketahui
Jika diperhatikan istilah fashion banyak sekali yang perlu diketahui. Kata-kata tersebut berada di sekeliling kita namun tidak mudah dipahami masyarakat yang awam dengan industri fashion. Istilah fashion sangat beragam, mulai dari elemen dan prinsip desain fashion, jenis-jenis tekstil, warna, pola, jahitan hingga nama produk maupun perputaran fashion dalam sejarah dan trennya. Bahkan sudah banyak buku, kamus, dan website fashion terpercaya yang memberikan informasi lengkap agar kita dapat membedakan arti nama serta fungsi seperti bustier dan kamisol.

Pada edisi minggu ini saya menambahkan beberapa istilah yang merupakan teminologi industri fashion. Istilah-istilah tersebut sering disebutkan oleh para pelaku industri. Selain itu saya juga memberikan rekomendasi buku bacaan dan website yang dapat dikunjungi agar menambah wawasan teman She.


Yohji Yamamoto
Avant-Garde Fashion berasal dari bahasa Perancis dengan arti advance guard atau vanguard merupakan karya fashion eksperimental dan innovatif. Sebuah karya seni, budaya, maupun gaya hidup dapat termasuk kategori ini jika melangkah di luar aturan dan norma yang konvensional. Hasil karya desainer dan brand fashion luar negeri seperti Yohji Yamamoto, Gareth Pugh, Vivienne Westwood, dan Alexander McQueen merupakan kreasi fashion dengan sentuhan Avant-Garde.

Desainer Indonesia yang mengusung eksperimental fashion adalah Tex Saverio dan Rinaldy Yunardi untuk aksesoris. Melihat kebutuhan fashion Ready to Wear dengan inspirasi Avant-Garde beberapa desainer seperti Yohji Yamamoto dan Alexander Mcqueen bahkan menciptakan kreasi yang wearable tapi tetap unik. 


Yohji Yamamoto
Yohji memberikan euforia para fashionista dengan melansir semi-casual wear brand Y-3 dan berkolaborasi bersama Adidas untuk koleksi sepatu sneakersnya. Teman She juga dapat berpakaian ala Avant-Garde Yohji Yamamoto ini dengan memakai jersey draped dress selutut dengan celana kain berwarna hitam dilengkapi dengan aksesoris sneakers putih kombinasi hitam dan fedora hat putih cukup berkarakter bukan?


Tex Saverio dalam film Wiro Sableng
Salah satu jenis tekstil bernama Brocade cukup dikenal di kalangan pakaian pesta dan wedding. Banyak yang berasumsi Brocade adalah kain brokat atau lace yang memiliki jalinan bordir namun sesungguhnya material ini adalah kain yang kaya dekorasi tenun ATBM (Alat Tenun Bukan Mesin yaitu shuttle – woven) seperti kain Jacquard terkadang menggunakan benang emas atau silver menambah kemewahan tekstil tersebut. Brocade dapat dibuat menjadi sebuah gaun panjang yang anggun atau tailored jacket yang dipadu padankan dengan celana panjang. Kain ini lebih sesuai untuk digunakan saat acara tertentu terutama bersifat semi – formal dan formal.

Kain Jacquard

Bila teman She ingat menonton film Confessions of Shopaholic terdapat beberapa fashion item dimiliki oleh karakter utama Rebecca Bloomwood yang didapatkan saat fashion luxury brand mengadakan Sample Sale. Hampir setiap fashion brand memiliki sample produknya yaitu menyerupai sama persis dengan produk yang akan dipasarkan bahkan terdapat sample product yang tidak diproduksi untuk dijual.

Material, kualitas dan teknik penyelesaian yang digunakan untuk sample dan produk yang dijual hampir sama namun terdapat beberapa detil yang akan diupgrade dari sample tersebut. Sample Sale menjual beberapa hasil sample dan excess product sangat penting bagi para fashionista yang gemar berbelanja karena harga yang ditawarkan amat miring. Di Indonesia pasti belum dikenal dengan istilah ini namun brand Ready to Wear Deluxe Peggy Hartanto pernah menggelar Sample Sale di Surabaya pada tahun 2016 dan 2018.


Restu Anggraini
Fashion-Forward menjadi kata – kata favorit para pelaku industri fashion di Indonesia dalam merefleksikan beberapa karya desainer muda. Beberapa desainer dengan brandnya di Indonesia mencerminkan tren fashion terkini seperti ETU (Restu Anggraini) dan Norma Moi (Norma Hauri) yang cukup edgy untuk koleksi kreasi hijab wearnya, TOTON (Toton Januar), Patrick Owen dan masih banyak lagi.


Norma Hauri

Judul – judul buku yang direkomendasikan sebagai referensi adalah:
  1. Fashionpedia, The Visual Dictionary of Fashion Design tahun 2017 diterbitkan oleh Fashionary International Ltd
  2. The One Hundred: A Guide to the Pieces Every Stylish Woman Must Own tahun 2011 ditulis oleh Nina Garcia dan diterbitkan oleh HarpersCollins Publishers Inc
  3. Fashion A to Z: an Illustrated Dictionary tahun 2013 ditulis oleh Alex Newman dan Zakee Shariff diterbitkan oleh Laurence King Publishing
  4. The Sewing Stitch and Textile Bible tahun 2007 ditulis oleh Lorna Knight diterbitkan oleh Page One Publishing Pte Ltd
  5. The Dressmaker's Technique Bible tahun 2008 ditulis oleh Lorna Knight diterbitkan oleh Page One Publishing Pte Ltd

Website yang direkomendasikan:
  1. Business of Fashion https://www.businessoffashion.com/education/fashion-az
  2. Vogue UK https://www.vogue.co.uk/gallery/the-vogue-glossary
  3. Women’s Wear Daily (WWD) https://wwd.com/fashion-dictionary/
  4. We Connect Fashion (WCF) https://www.weconnectfashion.com/articles/an-
  5. a-to-z-compilation-of-fashion-industry-definitions

Tentang Janet Teowarang
Janet Teowarang merupakan founder dan creative director brand fashion miliknya yaitu Allegra Jane, selain itu Janet juga menjadi dosen di Universitas Ciputra Surabaya. Janet meraih Australia Awards dari Pemerintah Australia di sektor Fashion dan Textile. Karyanya juga telah dipresentasikan di Indonesia Fashion Week, Mercedes Benz Asia Fashion Award dan mengikuti kompetisi Mango Fashion Award
di Spanyol.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.