twitter  
Profil  

Selasa, 22 Mei 2018 | 16:12 wib
Jus Pare Pengusir Diabetes
Hai Teman SHE, ngomongin kuliner nggak hanya yang enak-enak aja, Rumpi Kuliner Dapur Manda, Jumat (4/5), membahas si pahit yang kaya manfaat, yaitu Pare. Kalau saya, biasanya suka sekali tumis pare. Tips biar parenya ngga pahit menusuk ke ulu hati (lebay), lebih dulu irisan pare diperas dulu bersama garam lalu dibilas dengan air, dan hasilnya parenya tidak terlalu pahit. Tak sekedar enak dibuat tumis, atau sebagai pelangkap sajian siomay. Karena pare juga bisa dimanfaatkan sebagai pengobatan antidiabetes. 

Mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS), Felicia Tjokroaminjaya dan Adytya Dewanti memanfaatkan sayuran pare sebagai minuman yang diberi nama ''Fruit Pulp Pare'' untuk pengobatan antidiabetes. Pare yang digunakan jenis pare  hijau varietas ayam. Berumur kurang lebih 15 – 20 hari. Selain itu, untuk ukuran pare sendiri, dia merekomendasikan pare yang berukuran 40 cm, dan berwarna hijau. 

Oh iya, proses pembuatannya mudah, loh. Pertama, pare dicuci dengan air mengalir sampai bersih. Setelah itu dihilangkan bagian gabusnya, dipotong, lalu diblender hingga pare benar-benar lembut. Dari satu buah pare hanya mengambil seperempat bagian saja untuk dikonsumsi tiap harinya. Tapi yang harus diingat, disamping mengkonsumsi fruit pulp pare, para pasien diabetes juga harus tetap mengkonsumi obat dari dokter, ya! 

Tentang penulis
Manda Roosa merupakan food blogger yang mengisi program Rumpi Kuliner Dapur Manda tiap Jumat jam 16.00-17.00 atau saat puasa di 15.00-16.00 WIB.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.