twitter  
Profil  

Kamis, 04 Oktober 2018 | 15:12 wib
Ayam Kodok Kedai Rachmah
 
Apa yang terbersit di pikiran teman She menyebut Ayam Kodok? Olahan ayam yang montok dengan isian daging giling di dalamnya. Penasaran bagaimana membuatnya? Narasumber Rumpi Kuliner Dapur Manda, Rachmah Setyawati berbagi tipsnya. Rachmah, pemilik Kedai Rachmah inimenjelaskan, ayam kodok adalah sebuah menu masakan yang terbuat dari olahan daging sapi dan daging ayam yang dipadukan dengan berbagai bumbu.

Dibutuhkan satu ekor ayam utuh yang kemudian dipisahkan dari daging serta tulangnya tanpa merobek kulitnya. ''Pilih ayam yang hanya satu
kali perebusan, karena kulitnya masih kenyal dan tidak rapuh,'' saran Rachmah yang memulai bisnisnya sejak tahun 2008.

Proses pembuatan ayam kodok sangat membutuhkan kesabaran, karena harus hati-hati memasukan isiannya karena kulit ayam gampang robek.
Tahapan berikutnya adalah mengukusnya sekitar 30 menit, dan yang terakhir digoreng untuk mendapatkan warna kulit keemasan. Ayam kodok ini disajikan bersama saus, dan pelengkapnya, seperti kentang goreng, wortel, buncis dan selada. Peminat ayam kodok a la Kedai Rachmah ini cukup banyak, hampir setiap hari selalu ada yang memesan. ''Karena prosesnya lama, kami membuka pemesanan minimal H-2,'' kata Rachmah yang menyiapkan dua pilihan paket, satu ekor ayam utuh dan paket mini.

Tentang penulis
Manda Roosa merupakan food blogger yang mengisi program Rumpi Kuliner Dapur Manda tiap Jumat jam 16.00-17.00 atau saat puasa di 15.00-16.00 WIB.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.