twitter  
Profil  

Kamis, 23 Agustus 2018 | 09:58 wib
Belajar Yuk Pola Asuh dari Denmark
Denmark sudah lama menjadi juara bertahan sebagai negara paling bahagia di dunia. Apa yang membuat Denmark berhasil? Rahasianya diungkap Jessica Joelle Alexander dan Iben Dissing Sandhal dalam bukunya, The Danish Way of Parenting.

Kata Jessica dan Iben, strategi orang Denmark membesarkan anak-anaknya dengan metode PARENT yang berarti : Play, Authenticity, Reframing, Emphaty, No Ultimatum, Togetherness & Hygge

Menurut Jessica dan Iben, formula PARENT ini telah banyak dilakukan oleh orang tua di Denmark. Bermain jadi elemen penting dalam mendidik anak. Melalui permainan anak akan belajar menyelesaikan kesulitan, berpikir kreatif, mengenali objek, dan bersosialisasi. Sedangkan authenticity melatih kejujuran dan kemampuan untuk menyadari realita. Anak-anak di Jerman terbiasa untuk menonton tayangan yang memperlihatkan suatu keadaan yang apa adanya (miskin, kesulitan, permasalahan sosial, hingga proses penyelesaian masalah) tujuannya, untuk menunjukkan pada anak tentang kehidupan yang tak selalu berjalan sempurna.

Kemampuan berempati juga jadi pelajaran penting untuk anak di Jerman. Kemampuan berempati mengajak anak untuk merasakan apa yang dirasakan orang lain. Sekolah-sekolah di Denmark menerapkan program nasional wajib yang dinamakan Step by Step. Anak-anak akan diperlihatkan gambar yang menunjukkan emosi yang berbeda: kesedihan, ketakutan, kemarahan, frustasi, atau kebahagiaan. Mereka diminta untuk mengungkapkan perasaan dirinya dan perasaan orang lain, belajar berempati, dan memecahkan masalah bersama.

Orang tua di Denmark juga tak pernah mengancam, berteriak, menghukum, dan memukul. Hukuman fisik termasuk hal yang ilegal di Denmark sejak 1997. Orangtua akan menerapkan aturan dan panduan yang mereka harapkan dapat diikuti anak-anak. Orang tua di Denmark memperlakukan anak-anak sama seperti ia memperlakukan manusia lain dengan hormat, tanpa memandang bahwa mereka masih dibawah umur.

Tak ketinggalan semangat 'Hygge' yang berarti kebersamaan dan kenyamanan. Hygge dapat diartikan sebagai sifat baik dan suasana hati yang nyaman. Di Denmark, Hygge merupakan filosofi hidup yang diterapkan hampir semua orang. Karena itu waktu bersama keluarga tetap jadi prioritas di Denmark.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.