twitter  
Profil  

Selasa, 06 Maret 2018 | 17:55 wib
Lokasi Terbaik Melihat Mekarnya Sakura di Indonesia
 
Tak perlu jauh-jauh ke Jepang untuk melihat mekarnya Bunga Sakura. Indonesia ternyata punya beberapa kawasan yang berhasil merawat Bunga Sakura selama bertahun-tahun. Yang terbaru, Januari kemarin, Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Tengah baru meresmikan Taman Wisata Sakura Gunung Lawu di Dusun Tlogodringo, Desa Gondosuli Cemoro Kandang, Kabupaten Karanganyar. Sebanyak 60 batang Pohon Sakura ditanam di atas lahan seluas 1,2 hektar. Karena masih dalam tahap penanaman, maka turis baru bisa merasakan pemandangan hanami di sana pada beberapa tahun lagi.

Selain di Gunung Lawu, bunga sakura juga mekar di Karangasem, Bali. Sejak 2012, beberapa lokasi di Karangasem sudah ditanami bibit Bunga Sakura jenis Sakura Yoko. Pohon Sakura Yoko telah dimodifikasi sehingga bisa tumbuh dalam beragam suhu. Selain di Karangasem, mekarnya Bunga Sakura juga bisa dinikmati di Kebun Raya Eka Karya sepanjang bulan April dan September.

Bagi yang ingin menikmati bunga sakura di Jawa Barat, bisa mendatangi Kebun Raya Cibodas Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di kaki Gunung Gede dan Pangrango, Cianjur, Jawa Barat. Kebun Raya Cibodas memiliki Taman Sakura seluas 6.647 meter persegi. Pohon Sakura di sana sudah ditanam sejak 2007. Bunga sakura di Kebun Raya Cibodas bisa berbunga dua kali dalam satu tahun, yaitu Januari-Februari dan Juli-Agustus. Ini berbeda dengan di negara asalnya, Jepang, yang hanya berbunga satu tahun sekali pada Maret-April.

Percaya atau tidak, bunga Sakura juga tumbuh Waingapu, Nusa Tenggara Timur. Meskipun Pulau Sumba identik dengan daerah yang kering, namun Bunga Sakura di sini justru tumbuh dengan sendirinya di pinggir jalan pedesaan. Bunga sakura di Waingapu akan bermekaran sekitar bulan Oktober sampai November.

Saat ada di Batam, Kepulauan Riau, Bunga Sakura yang tumbuh di sana sengaja ditanam untuk mempercantik komplek industri Batamindo. Waktu bersemi Bunga Sakura di sini terbilang cukup panjang, sekitar Maret hingga Mei.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.