twitter  
Profil  

Rabu, 14 Maret 2018 | 18:11 wib
Kebaya Tanpa Limbah Kain di Road to Zero Waste Kebaya
 

Tren zero waste fashion atau pembuatan pakaian tanpa menyisakan limbah kain, kini sedang naik daun. Menurut Aryani Widagdo, fashion educationist, fast fashion menghasilkan limbah kain terbanyak di dunia setelah minyak!



Di 2017, SHE Radio dan Aryani pernah berkolaborasi mengadakan workshop pembuatan kimono zero waste yang diikuti 40 peserta. Membuka lembaran 2018 SHE Radio kembali bekerjasama dengan Aryani mengenalkan zero waste kebaya. Kolaborasi kedua yang dinamakan Road to Zero Waste Kebaya ini diadakan pada 3 Maret 2018. Berlokasi di Food Society Pakuwon Mall, acara ini diikuti 40 peserta dari Surabaya dan bahkan ada yang datang dari Probolinggo.



Mengapa kebaya? Kebaya merupakan satu diantara fashion items yang bisa diaplikasikan dengan konsep zero waste dan sekaligus memiliki sejarah panjang tentang percampuran budaya di Indonesia dari masa ke masa. Banyak yang mengira kebaya awal pertama adalah khas Indonesia, tapi ternyata justru nama kebaya sebagai pakaian tertentu telah dicatat oleh Portugal saat mendarat di Jawa, kemudian kebaya Jawa seperti yang ada sekarang telah dicatat oleh Thomas Stamford Bingley Raffles di 1817. Akulturasi budaya membuat kebaya dipakai dan mengalami perkembangan di tiap masa, baik dipakai orang Indonesia, orang China dan orang Eropa. Bentuk kebaya pun bervariasi sekali, mulai dari Kebaya Kartini, Kebaya Jawa, Kebaya Encim, Kebaya Bali, Kebaya Kutu Baru hingga kebaya modern yang cantik dan seksi seperti  karya Anne Avantie.



Dalam acara Road to Zero Waste Kebaya ada sejumlah presentasi menarik dari Aryani tentang perkembangan kebaya. Ada juga fashion show kebaya yang terinspirasi dari film Tiga Dara dengan koreografi karya Kani Praya. Tak lupa ada pembuatan miniature kebaya blouse karya Embran Nawawi. Peserta yang berasal dari komunitas, penjahit, dosen dan pelaku UKM ini antusias menikmati dan berproses untuk sempurna membuat miniature blouse kebaya. Sekali lagi terima kasih untuk semua pihak yang telah membantu kelancaran workshop kali ini dan sampai bertemu di special bigbang zero waste kebaya bersama Ibu Aryani Widagdo. (Deedee Dinata / Editor : Windy Goestiana)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.