twitter  
Profil  

Senin, 13 Agustus 2018 | 09:40 wib
3 Trik Menabung dari Prita Ghozie
Apakah Anda sering kesulitan untuk menabung? Seringkali uang telah habis sebelum pertengahan bulan dan tak ada sisa untuk ditabung. Bila pernah mengalaminya, baca tips dari Prita Hapsari Ghozie, perencana keuangan, berikut ini.

Pertama, buat tujuan akhir dari menabung dan yakini tujuan tersebut. Misal ingin beli mobil, ingin pergi liburan, atau memiliki rumah. Jadikan tujuan itu untuk motivasi menabung. 

Cara kedua, pisahkan antara gaji dan tabungan. Triknya, manfaatkan layanan autodebet agar kita tak tergoda dengan keinginan belanja yang impulsif. Bila uang tabungan sudah terkumpul, segera cairkan untuk membeli barang yang dicita-citakan.

Prita juga memberikan persentase pembagian gaji dalam perencanaan keuangan. Idealnya, dari total penghasilan, sebesar 5 persen perlu dipisahkan untuk zakat, infaq, dan sedekah. Sebesar 30 persen dialokasikan untuk cicilan atau pinjaman, 10 persen untuk dana darurat dan asuransi, 15 persen investasi. Lalu, 30 persen untuk biaya hidup, dan 10 persen untuk memenuhi kebutuhan gaya hidup.

Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.