twitter  
Profil  

Rabu, 10 Oktober 2018 | 15:22 wib
Desa Damai dari Yenny Wahid Diperkenalkan Ke Dunia
Lama tak terdengar kabarnya, Yenny Wahid, Direktur non aktif Wahid Foundation, kini sedang sibuk merintis Desa Damai. Sebuah konsep pedesaan yang punya dua program utama, pemberdayaan ekonomi dan deteksi dini potensi radikalisme.

Yenny Wahid mengatakan, penyebab seseorang melakukan tindakan radikalisme karena putus asa. Misalnya karena ketidakadilan dalam ekonomi. ''Melihat orang lain kaya, tapi ekonominya dia terbatas. Kemudian diprovokasi oleh orang-orang tidak bertanggung jawab. Apalagi kalau menggunakan jargon agama sehingga gampang tersulut (tindakan radikalisme),'' kata Yenny.

Untuk memutus mata rantai perasaan putus asa tersebut, Yenny menggagas program Desa Damai yang fokus dalam pemberdayaan ekonomi. Harapannya, ketahanan komunitas akan terbentuk. ''Ada rasa guyub, keinginan hidup rukun. Kalau ada model yang berhasil kita pakai direplikasi di daerah lain artinya desa itu sudah menyumbangkan terciptanya toleransi daerah lain terutama di perkotaan,'' kata Yenny. 

Tidak disangka, program yang sudah berjalan sejak beberapa waktu lalu ini ternyata mendapat perhatian dari berbagai negara di dunia. Presiden Prancis akan mengundang Yenny dalam forum internasional untuk memaparkan tentang Desa Damai. Bahkan akhir bulan ini Yenny juga akan terbang ke New York untuk menjelaskan tentang Desa Damai yang dianggap mampu mengatasi rasa keputusasaan dan memutus mata rantai radikalisme. 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.