twitter  
Profil  

Sabtu, 10 November 2018 | 17:26 wib
Totebag Yoyo Kain, Tas Belanja Manis Ramah Lingkungan
Kita tak bisa menutup mata dari banyaknya sampah di bumi ini. Mulai dari sampah plastik hingga sampah kain, semua terakumulasi membebani bumi. Demi mengurangi pemakaian kemasan sekali pakai sekaligus mengurangi sampah potongan kain, SHE Radio dan Aryani Widagdo menggelar workshop pembuatan tote bag dengan teknik yoyo kain (10/11) di Multifunction Hall Suara Surabaya Media.

 
Menurut Aryani, tote bag ini diharap bisa dipakai kembali untuk tas belanja dan mengurangi pemakaian tas kresek. ''Pada dasarnya limbah potongan kain bisa diaplikasikan dalam bentuk apa saja. Mulai dari sarung bantal, tas, selimut, boneka, kalung, kimono, dan masih banyak lainnya. Untuk memberi variasi dalam detil bisa dengan teknik yoyo kain,'' kata Aryani. Workshop kali ini dihadiri tiga puluh peserta yang keseluruhannya perempuan. Di awal, Aryani memaparkan tentang konsep zero waste fashion ala Ariyani Widagdo.

 
Pembuatan yoyo kain yang paling mudah menggunakan tusuk jelujur. Tusuk jelujur merupakan tusuk yang dilakukan dengan arah tusukan dari sebelah kanan ke sebelah kiri.

Bahan yang bisa dijadikan yoyo kain pada prinsipnya bisa apa saja asal tidak terlalu tebal dan renggang tenunannya. Teknik lengkap tentang yoyo kain bisa dibaca di buku Aryani Widagdo & Yoyo Kain 20 Kreasi Bukan Lingkaran Biasa.

 
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.