twitter  
Profil  

Sabtu, 24 Maret 2018 | 06:15 wib
Superfood Pengundang Rasa Bahagia
 
Saat suasana hati sedang murung, ada beberapa makanan yang bisa mengembalikan mood jadi lebih baik. Diantaranya pisang, beri, tiram, cokelat hitam, salmon, jamur, bayam, dan apel. Pisang mengandung potasium dan trytophan, kata penelitian Ara De Marderosian, University of Sciences, trytophan merupakan senyawa kimia di otak yang membantu memperbaiki mood. Pisang juga kaya vitamin B6 dan folat yang sangat pas untuk mengontrol kadar gula darah dan menurunkan level depresi. 

Adapun buah Berry menurut penelitian Torrey Pines Institute for Molecular Studies, buah berry mengandung senyawa kimia yang mirip dengan asam valproic, yang biasanya diresepkan sebagai obat penstabil mood. Kandungan flavonoid anthocyanidin yang ditemukan dalam buah berry juga akan membantu menurunkan tingkat depresi. 

Kalau seringkali dilanda cemas, itu tanda tubuh kekurangan Zinc atau seng. Berdasar studi Daam Nutrition and Metabolic Insights, untuk menjaga agar tubuh jadi tetap tenang, tiram yang mengandung senyawa seng sangat baik untuk dikonsumsi. Adapun cokelat hitam mengandung antioksidan yang juga bisa menurunkan hormon stres, kortisol. 

Mengonsumsi salmon juga bagus untuk meningkatkan mood dan mencegah depresi. Kata penelitian di jurnal Pharmacological Research, salmon mengandung asam lemak omega 3 yang bisa mengontrol mood dan suasana hati. Bila kekurangan asupan vitam D akan menyebabkan depresi dan penurunan mood. Hal ini dibuktikan melalui penelitian dari University of Melbourne. Jamur jadi satu diantara sumber vitamin D yang tinggi sehingga diklaim bisa meningkatkan mood.

Untuk Anda penyuka bayam, lanjutkan kebiasaan ini. Bayam mengandung asam folat yang membuat risiko depresi menurun dan meningkatkan stamina. Begitu juga apel. Menurut British Journal o Health Psychology, makan buah dan sayur, termasuk apel akan memberikan efek menenangkan, meningkatkan energi dan kebahagiaan. Coba ya!
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.