twitter  
Profil  

Kamis, 14 Juni 2018 | 12:09 wib
Banyak Garam di Hari Raya Bahayakan Jantung
 
Penyakit jantung bisa menyerang siapa saja yang 'rajin' mengonsumsi daging olahan dan minuman dengan pemanis buatan. Inilah hasil penelitian dari Tufts University di Boston, The University of Cambridge di Inggris dan Montifiore Medical Center di New York. Penelitian ini menganalisa penyebab kematian dari 70 ribu orang di 2012 dari data National Health and Nutrition Examination Survey.

Analisa menunjukkan, sekitar 45 persen kematian disebabkan penyakit jantung. Pemicunya, konsumsi daging olahan dan minuman dengan pemanis buatan, yang dibarengi dengan kurangnya asupan kacang-kacangan. Sementara risiko stroke dikaitkan dengan diet yang hanya sedikit mengkonsumsi buah dan sayuran, namun tinggi garam.

Adapun risiko kematian karena diabetes banyak dikaitkan dengan konsumsi daging olahan dan minuman dengan pemanis buatan, serta kurang konsumsi biji-bijin utuh. Sedangkan makanan yang dikaitkan dengan semua jenis risiko kematian adalah garam.

Untuk keamanan, konsumsi gula maksimal 50 gram atau sekitar 4 sdm sehari, konsumsi garam maksimal 2.000 mg atau kurang dari 1 sdt sehari, dan konsumsi lemak maksimal 67 gram atau sekitar 4 sdm sehari.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.