twitter  
Profil  

Kamis, 21 Juni 2018 | 08:18 wib
Tegang Nonton Bola Bisa Kena Serangan Jantung
Tegang saat menyaksikan pertandingan Piala Dunia 2018 bisa memicu penyakit jantung. Kesimpulan ini didapat dari penelitian Canadian Journal of Cardiology. Menurut penelitian tersebut, pembuluh darah seseorang akan melebar sampai 75 persen ketika mereka menonton pertandingan di televisi. Dan Ukuran pembuluh darah ini akan makin melebar sampai 110 persen ketika menyaksikan pertandingan langsung. Pelebaran ini sama dengan ukuran pelebaran pembuluh darah yang terjadi saat serangan jantung. 

Penelitian ini serupa hasilnya dengan yang terdapat di New England Journal of Medicine pada 2008. Hasil penelitian itu menunjukkan, menonton pertandingan bola yang membuat stres akan meningkatkan risiko terjadinya masalah kardiovaskular akut. 

Secara terpisah, pada 2006 pernah diadakan penelitian terhadap 4.279 orang di Jerman untuk melihat keterkaitan serangan jantung dengan pertandingan Piala Dunia. Hasilnya, ada lonjakan jumlah pasien serangan jantung dibanding tahun sebelumnya. Terutama saat melihat adu penalti.

Ada juga studi di rumah sakit Inggris yang menerima lebih banyak pasien dengan keluhan jantung karena pasien-pasien tersebut mengkhawatirkan Inggris tersingkir dari Piala Dunia 1998 karena dikalahkan Argentina. Serangan jantung bisa dipicu gangguan emosional seperti saat menonton tim sepak bola Anda kalah atau saat pertandingan-pertandingan penting. Kondisi ini bisa diperparah dengan stres, kurang tidur, minum-minuman beralkohol, camilan tinggi lemak jenuh, dan merokok.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.