twitter  
Profil  

Kamis, 23 Agustus 2018 | 09:08 wib
Baru! Gentle Caesar, Persalinan dengan Tirai Transparan
 
Banyak perempuan yang merasa telah menjadi ibu seutuhnya bila melakukan persalinan normal. Padahal, kondisi setiap kehamilan itu berbeda. Ada situasi medis yang mengharuskan calon ibu menjalani persalinan caesar demi keselamatan bayi dan dirinya. Tak perlu berkecil hati, masih ada jalan menikmati persalinan Anda seperti yang dilakukan Allison.

Allison merupakan seorang ibu yang sedang mengandung anak kedua dengan kondisi plasenta previa, dimana letak plasenta menghalangi jalan lahir. Dokter menyarankan persalinan caesar untuk mencegah terjadinya pendarahan selama persalinan. Plasenta previa terjadi pada 1:200 kehamilan. 

Mengetahui kenyataan ini, Allison tak mau menyerah. Dia tetap ingin merasakan momen intim dimana dia bisa melihat bayinya keluar dari rahim dan melakukan skin-to-skin contact. Padahal, seperti kita tahu metode persalinan caesar menggunakan tirai yang menghalangi pandangan ibu saat pembedahan terjadi.

Untuk dapat mewujudkan keinginannya, ia pun kemudian bekerjasama dengan Tracy Abney, seorang doula yang membantu menyamankan persalinan. Bersama dengan tim dokter, perawat, dan rumah sakit di Alabama, mereka sepakat untuk melakukan persalinan caesar yang 'gentle' atau 'family-centered'. Seperti apakah persalinan yang dimaksud?

Tim medis setuju untuk mengganti tirai operasi yang menutupi momen-momen penting saat persalinan, dengan tirai plastik bening. Dengan tirai bening tersebut, maka Allison dapat melihat saat bayi laki-lakinya, Bennett, ditarik keluar dari rahimnya, dan langsung bisa melakukan kontak langsung dengan dengannya (skin to skin contact). Walau begitu, tirai masih tetap dipasang saat pertama kali dokter bedah menyayat perutnya dan kembali menutup jahitan bekas operasi.

Momen spesial ini didokumentasikan dalam bentuk foto-foto yang mengharukan. Allison dapat melihat dengan jelas saat putranya pertama kali mengambil napas, tali pusat yang dipotong, dan beberapa saat kemudian dapat memeluknya di dada.

''Kami sangat bersyukur kami dapat menyaksikan momen ini. Sama seperti halnya dengan anak pertama kami, melihat bayi kami untuk pertama kalinya. Terima kasih kepada dokter, perawat, dan doula kami yang luar biasa, kami memiliki pengalaman melahirkan yang luar biasa dan indah,'' kata Allison.

Metode yang dipilih Allison relatif baru di Amerika Serikat. Tapi ternyata semakin banyak rumah sakit yang mulai menawarkannya sebagai pilihan antara kebutuhan medis dari bedah caesar dan pengalaman persalinan yang unik dan emosional.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.