twitter  
Profil  

Kamis, 13 Desember 2018 | 07:35 wib
PiYO Tren Olahraga Baru di Penutup Tahun
Tren olahraga seperti fashion, terus berubah. Kini ada tren olahraga bernama PiYo. PiYo terinspirasi dari gerakan pilates dan yoga. Menurut Chalene Johnson, pencipta olahraga PiYo, PiYo melatih otot sekaligus memberi efek relaksasi. PiYo juga mengusung gerakan kardio yang dapat meningkatkan detak jantung dan membakar lemak dan kalori/ Berikut 6 gerakan PiYo yang dapat Anda lakukan sendiri di rumah.

  1. Push-up & Squat. Ini gerakan pertama PiYo. Push-up dalam PiYo sama seperti push-up biasa. Lakukan sebanyak tiga kali. Setelah itu tegakkan tubuh Anda dan lakukan squat dengan kaki rapat sebanyak tiga kali. Lakukan rangkaian gerakan push-up dan squat 10 kali sebanyak 3 set yang berguna untuk melatih tubuh bagian atas seperti tangan, dada, perut dan tubuh bagian bawah seperti bokong dan kaki.
  2. Lunge Back Tap. Lunge back tap terinspirasi dari gerakan lunge yang bermanfaat untuk melatih otot bokong dan kaki. Awali dengan posisi badan berdiri tegap dengan kaki dibuka selebar pinggul. Dorong kaki kiri ke belakang, kaki kanan ditekuk 90 derajat sebagai tumpuan kemudian kembali lagi ke posisi tubuh semula. Ulangi sebanyak 10 repetisi dan lakukan pada sisi kaki lainnya. Lakukan sebanyak 3 set.
  3. Pike. Pike merupakan variasi dari gerakan plank. Mulai dari posisi tengkurap dengan tangan dan kaki sebagai tumpuan. Miringkan tubuh ke arah kanan dengan tangan kiri dan kedua kaki sebagai tumpuan. Ayunkan tangan kiri ke dada sebelah kanan dengan posisi pinggul diangkat ke atas sehingga membentuk huruf V terbalik. Ulangi gerakan ini 10 kali dan lakukan sebanyak 3 set. Ganti posisi pada sisi sebaliknya untuk melatih otot di bagian tangan, dada, perut secara maksimal.
  4. Criss Cross Core. Awali gerakan dengan posisi tubuh berbaring di matras, letakkan tangan di samping kepala dan angkat kepala sedikit ke atas seperti posisi sit-up. Angkat kedua kaki ke atas sebesar 45 derajat dan tekuk kaki kanan ke depan sementara posisi kepala menghadap ke kanan. Lakukan gerakan ini secara berulang 10 kali sebanyak 3 set. Ulangi pada sisi tubuh sebaliknya. Gerakan ini bermanfaat untuk melatih otot di bagian kaki, paha dan perut secara bersamaan
  5. Sumo Burpee. Ini variasi dari gerakan plank. Pertama, berdiri tegak dengan kaki dibuka melebihi bahu lalu angkat kedua tangan ke atas. Turunkan tubuh hingga tangan menyentuh lantai. Rapatkan kedua kaki ke belakang dengan melompat atau melangkah bersamaan membentuk posisi plank dan kembali ke posisi semula. Lakukan sebanyak 10 kali repetisi dengan 3 set untuk melatih otot tangan, dada, perut, dan kaki.
  6. Hip Lifts. Seperti namanya, hip lifts melatih tubuh bagian bawah seperti otot panggul, bokong, dan paha. Gerakan diawali dengan berbaring di matras dengan tangan berada di sisi samping tubuh dan kaki ditekuk 90 derajat. Tekuk kaki kanan kemudian letakkan di atas lutut kaki kiri. Naikkan pinggul ke atas lalu turunkan kembali ke bawah tetapi tidak menyentuh matras. Lakukan sebanyak 3 set masing-masing 10 kali, ulangi pada sisi kaki sebaliknya.
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.