twitter  
Profil  

Rabu, 14 Maret 2018 | 19:01 wib
Uniknya Profesi Fruit Carvingers
Anda sabar dan teliti? Jadilah carvingers.

Profesi sebagai carvingers mungkin masih awam di telinga. Tapi karya-karya indah mereka sudah sering kita nikmati di meja prasmanan pernikahan. Carvingers merupakan pengukir di medium buah. SHE Radio sempat berkenalan dengan para carvingers dari komunitas Indonesia Fruit Carving.

 

Kata Uul, carvingers perempuan di IFC, fruit carving tak hanya memerlukan ketelitian dan kesabaran. ''Untuk hasil maksimal si carvingers harus 'kawin' dan paham betul dengan pisau dan alat-alat yang dipakai,'' kata Uul. Buah yang biasa dipakai diantaranya semangka, melon, atau terong. ''Pilih buah dengan kulit yang lunak agar mudah dibentuk. Hindari labu karena kulitnya keras,'' kata Uul.



Durasi mengukir buah ini bisa memakan waktu hingga dua jam. Kalau sudah ahli, cukup 15 menit. Adapun motif-motif yang biasa diaplikasikan seperti bunga, fauna, atau bahkan karakter wajah. Untuk teknik bisa menggunakan teknik 3D versi Jepang, atau teknik Thailand yang cenderung melingkar-lingkar, atau teknik Cina yang mirip dengan aslinya.

Kalau Anda tertarik menjadi fruit carvingers bisa belajar bersama IFC di Kaliasin. Kata Uul, masih jarang perempuan yang ingin menjadi fruit carvingers. Peluang kan? (Deedee Dinata / Editor : Windy Goestiana)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.