twitter  
Profil  

Senin, 18 November 2019 | 16:58 wib
Mengenal Penyakit Systematic Lupus Erythematosus


SLE atau systemic lupus erythematosus merupakan gangguan sistim imun, yang sering mengenai perempuan usia subur dan Ras Asia. Pada awalnya mirip penyakit lain dan terjadi doctor shopping, polifarmasi, poli suplemen sehingga pengobatan tidak mencapai sasaran.

Untuk proses penyakitnya, ada beberapa tahapan yang perlu diperhatikan seperti adanya faktor turunan ( lebih sering pada saudara satu buyut), faktor lingkungan baik itu infeksi,  sinar UVB,  life-style,  diet, psikologik dan faktor stres fisik dan psikologis dimana terjadi proses yang melepas molekul diri yang dianggap musuh sehingga terjadi produksi antibodi meningkat.

Sedangkan tentang antisipasi yang bisa kita lakukan adalah deteksi dini pada keluarga dengan dilakuan  tes ANA. Namun apabila sudah sakit, maka ada terapi yang disarankan Prof Joewono Soeroso Divisi Reumatologi-Departemen-SMF Ilmu Penyakit Dalam-FK Unair RSUD Dr Soetomo dalam She and Friends Healthy Family Happy Financial, Minggu 17 November 2019 di Aria Centra Surabaya, yaitu edukasi positif  hindari kata-kata negatif pada pasien, terapi obat yang harus kontinyu, kortikosteroida (bekerja cepat,  life saving, prednisolon, metilprednisolon  bisa dosis sangat tinggi), imunosupresan, dan pengobatan penyakit penyerta.


Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.