twitter  
Profil  

Selasa, 30 Juli 2019 | 16:08 wib
Solo Inspirational Trip


Berwisata ke Solo dari Surabaya semakin terasa dekat saja sejak adanya Jalan Tol Trans Jawa. Kini bisa ditempuh dalam waktu 2 jam saja. Banyak tempat wisata menarik di Solo, dari wisata alam, budaya, sejarah, religi sampai modern. Nah, berikut bisa menjadi inspirasi kunjungan Anda jika ke Solo.

1.Museum Tumurun





Inilah museum kebanggan masyarakat Solo. Tumurun Private Museum beralamat di Jalan Kebangkitan Nasional RT 02 RW 04, dekat Taman Sriwedari Solo. Pemilik museum ini adalah Lukminto, pendiri raksasa bisnis tekstil terbesar Sri Rejeki Isman (Sritex). Museum ini terdiri dari dua lantai, lantai pertama terdapat karya kontemporer yang sangat Instagramable dan lantai dua, adalah karya old master. Ada banyak perupa Indonesia yang karyanya dipajang di museum ini, seperti Hendra Gunawan, Basoeki Abdullah, Raden Saleh, Affandi, hingga Wedhar Riyadi, Heri Dono, Eko Nugroho dan Eddy Santoso. Museum Tumurun tidak dibuka secara public untuk umum. Namun, untuk bisa berkunjung harus registrasi dahulu, yang dilayangkan melalui alamat surel di laman Tumurun Private Museum. Kalau permintaan disetujui, Anda bisa datang sesuai waktu yang telah diajukan, tanpa ditarik bayaran alias gratis.

2.Kereta Uap Jaladara





Salah satu hal yang tidak boleh sampai dilewatkan saat ke Solo adalah menjajal salah satu ikon Kota Bengawan, yakni Kereta Uap Kuno atau Sepur Kluthuk Jaladara. Satu hal yang spesial dalam perjalanan Sepur Kluthuk Jaladara adalah rutenya yang berada di tengah-tengah Kota Solo. Kereta ini akan melintasi jalur rel yang berada di samping jalan utama yaitu Jalan Slamet Riyadi. Rute perjalanan kereta uap dimulai dariStasiun Purwosari, rel bengkong, Loji Gandrung, Sriwedari, PasarPon/Pasar Antik Triwindu, Kampung Batik, kemudian kembali lagi ke Stasiun Purwosari. Untuk sekali jalan, kapasitas kereta uap ini adalah 50 orang. Selama perjalanan, akan dihibur dengan alunan merdu para sinden, dan ditemani pula oleh pemandu wisata yang menjelaskan tentang tempat bersejarah yang dilalui. Penumpang nantinya juga akan mendapat minuman tradisional, beras kencur.

3. Sajian Otentik di Hotel Alila Solo

 





Jika Anda ingin menikmati sajian otentik khas Solo dalam satu tempat, maka Epice Restaurant yang berlokasi di Lobby Floor Hotel Alila bisa jadi tempat yang tepat. Sajian khas tradisional Solo bisa Anda nikmati, bahkan sampai yang mulai langka juga bisa ditemui di sini, seperti Cabuk Rambak, berupa irisan ketupat, yang disiram dengan saus wijen, dan dilengkapi kerupuk rambak. Hidangan ini mulai jarang dijumpai, tapi beruntung bisa ditemui di sini. Menu khas Solo lainnya yang harus dicoba, yaituTengkleng, Gudeg Solo, Selat Solo dan Pecel khas Solo, yang disajikan dengan dua jenis sambal pecel, yaitu sambal kacang dan sambal wijen. Selain menu khas Solo, Epice juga menyedian beragam menu lain, mulai dari cita rasa Nusantara, Asia sampai menu barat.

(Naskah dan Foto : Manda Roosa, Editor : Deedee)
Komentar (0)
LOADING...

Kirim Komentar Anda
Silakan masuk atau daftar untuk kirim komentar Anda.
Komentar
Redaksi menerima komentar terkait artikel yang ditayangkan. Isi komentar menjadi tanggung jawab pengirim. Redaksi berhak untuk tidak menampilkan komentar jika dianggap tidak etis, kasar, berisi fitnah, atau berbau SARA.